Bersama Dispendukcapil, TMMD Kodim Sidoarjo Gencarkan Sosialisasi Adminduk

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Selain menyasar pembangunan fisik, TMMD ke-106 tahun 2019 Kodim 0816/Sidoarjo juga gencar menggelar sosialisasi kepada warga, salah satunya tentang tertib administrasi kependudukan. Bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo, para anggota TNI juga terus berusaha meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait pentingnya dokumen kependudukan, Senin (07/10).

Kegiatan sosialisasi kependudukan ini digelar di Balai Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, dan diikuti oleh sekitar 60 orang. Sementara sebagai narasumber, yakni Kasi Pemanfaatan Data Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, Drs Achmad Fauji SH dan Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, Oskar Basong.

Kedua narasumber banyak menyampaikan pokok-pokok kebijakan kependudukan, termasuk pentingnya dokumen dan data kependudukan bagi masyarakat dan pemerintah. Pentingnya dokumen kependudukan bagi masyarakat antara lain yakni sebagai bukti pengakuan negara bagi warganya, sebagai bukti identitas diri, serta sebagai sarana pendukung akses pelayanan publik.

Sedangkan pentingnya data kependudukan antara lain pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, dan penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Sementara itu Bati Ops TMMD, Serma Sutrisno mengatakan bahwa kebutuhan administrasi memang sangat penting bagi warga negara. Salah satunya karena sebagai syarat menjadi warga negara yang baik adalah harus taat administrasi mulai dari KTP, Akte Kelahiran, Surat Nikah, Surat Kematian.

“Kalau kita sudah bisa tertib administrasi kependudukan maka kita sudah menjadi warga negara yang baik, itu semua demi menjalankan kelangsungan kehidupan masyarakat sendiri, seperti halnya orang mau kerja tanpa ada KTP maka tidak bisa kerja, mau daftar TNI/Polri syaratnya mutlak harus memiliki KTP, KK, Akte Kelahiran tanpa ada itu semua tidak akan menjadi TNI/Polri serta PNS. Oleh karena masyarakat harus cepat sadar akan pentinganya administrasi,” jelasnya.(*/kur)

Keterangan gambar: Sosialisasi Administrasi Kependudukan dalam kegiatan TMMD ke-106 Kodim 0816/Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment