Tips Mengajukan Pinjaman Online Melalui Layanan Fintech Lending

 

Dewasa ini ramai diperbincangkan mengenai pinjaman online, baik dari sisi kelebihannya seperti kemudahan dan kecepatan pencairan pinjaman yang ditawarkan ataupun dari sisi kekurangannya yang kerap menjadi masalah bagi para penggunanya yaitu bunga pinjaman yang mencekik hingga harus menghadapi teror dari penagih hutang atau debt collector yang biasanya tidak beretika.

Di lain sisi banyak masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat untuk memenuhi kebutuhannya. Karenanya, mengajukan pinjaman ke financial technology (fintech) alias pinjaman online, menjadi salah satu opsi yang dipilih.

Berangkat dari masalah tersebut, berikut beberapa tips yang bdapat diperhatikan ketika ingin meminjam uang melalui layanan fintech lending/aplikasi pinjol, agar tidak menyesal dan kehilangan banyak hal kedepannya.

1. Pastikan fintech berizin

Maraknya kasus pinjol ilegal, seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat bahwa sebelum melakukan peminjaman online penting untuk memastikan bahwa perusahaan fintech tersebut terdaftar atau berizin di OJK karena dengan begitu proses bisnis dan produk kredit fintech tersebut telah diverifikasi dan mendapatkan pengawasan OJK.

Cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id)

2. Memahami kontrak perjanjian

Pada saat mengajukan pinjaman, penting untuk membaca dan memahami kontrak perjanjian yang ditawarkan. Dengan memahami kontrak perjanjian maka dapat mengetahui berbagai ketentuan pinjaman, mulai dari bunga, denda pinjaman, dan cara penagihan ketika jatuh tempo.

3. Sesuaikan pinjaman dengan kebutuhan dan kesanggupan untuk membayarnya

Upayakan untuk meminjam dana sesuai kebutuhan dan kesanggupan untuk membayarnya di kemudian hari. Hindari pula menggunakan dana pinjaman untuk keperluan yang bersifat konsumtif. Kemudian penting juga untuk mempertimbangkan berbagai tagihan lain yang perlu dibayar setiap bulan agar tidak memberatkan diri.

4. Pastikan untuk membayar cicilan tepat waktu

Prioritaskan pendapatan bulanan untuk membayar cicilan pinjaman online dan kebutuhan pokok lainnya. Karena dengan membayar cicilan tepat waktu akan menghindarkan dari kemungkinan hal buruk seperti denda keterlambatan dan skor kredit yang memburuk. Kemudian agar tak sampai terlambat, jangan ragu untuk memasang pengingat pada smartphone atau mencatatnya dalam notes harian.

 

 

Penulis: Farhan Naufaldi Idris
Tempat/Tgl Lahir: Jakarta, 26 Juni 2000
STEI SEBI
NIM: 41803043

Related posts

Leave a Comment