Booming Jadi Seorang Blogger Sekaligus Youtuber

YouTube, salah satu media sosial yang sangat populer di berbagai kalangan. Ketika mencari hiburan, kita tinggal membuka YouTube. Ingin belajar memasak, tinggal membuka tutorial memasak di YouTube. Ketika ketinggalan menonton acara televisi, kita tinggal buka YouTube. Ketika tidak sempat menonton tayangan sepak bola, kita tinggal membuka YouTube untuk melihat tayangan ulang.

Tak hanya sebagai media sosial penyedia hiburan, YouTube juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber passive income. Seperti kalian ketahui, kita juga bisa menghasilkan uang dangan memanfaatkan situs YouTube.

YouTuber, Pilihan Karir Untuk Anda yang Ingin Berkarya dan Berkreasi

YouTuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk kemudian diupload/diunggah di YouTube. Orang-orang yang kerap membuat video dan diunggah di YouTube, dapat disebut sebagai YouTuber
Menjadi seorang YouTuber termasuk pilihan karier ataupun pekerjaan kedua yang cocok untuk anak muda. Sambil menjalani rutinitas sebagai anak kuliahan, anda juga bisa menjadi seorang YouTuber. Tak hanya bagi anak muda, bagi Anda insan-insan kreatif lain pun dapat berkarier sebagai seorang YouTuber.

Beberapa figur/kelompok yang sekarang banyak muncul di layar kaca juga mengawali karier dari YouTube. Sebut saja, nama-nama seperti Bayu Eko Moektito (Bayu Skak), Skinny Indonesia 24, Jess No Limit, merupakan contoh orang/kelompok yang berkarir sebagai YouTuber dan kini bisa dibilang sukses.

Menjadi seorang YouTuber juga bisa menghasilkan uang. Ketika channel YouTube kita memiliki banyak pelanggan, plus video kita ditonton oleh banyak orang, maka di situlah muncul peluang bisnis. Channel YouTube yang ramai itu dapat dijadikan sebagai ladang uang. Dengan model bisnis yang tepat, channel YouTube dapat diubah menjadi keran passive income.

Menjadi Blogger Sekaligus YouTuber
Semakin berkembangnya teknologi memungkinkan kita memiliki banyak pilihan karier. Profesi seperti blogger, penulis, YouTuber, merupakan sederet profesi yang tidak harus digapai dengan pendidikan di perguruan tinggi. Siapapun yang punya kemampuan dapat menjadi seorang blogger, penulis, ataupun YouTuber.

Bagaimana Cara Memulai Karir Untuk Menjadi YouTuber?

Bagi anda yang tertarik menjadi seorang blogger ataupun YouTuber, maka berikut beberapa tips untuk anda.

• Mulailah membuat blog. Ya, bagi anda yang ingin jadi blogger, maka pastikan anda segera membuat blog. Anda tidak bisa disebut sebagai blogger kalau belum punya blog.
• Mulailah membuat channel di YouTube. Jika anda adalah seorang blogger, anda juga bisa melebarkan sayap dengan membuat channel di YouTube. Nantinya channel tersebut dapat dijadikan sebagai sarana promosi blog. Tak hanya itu, channel YouTube yang kita miliki juga dapat dimonetisasi dengan program Google AdSense untuk YouTube.
• Segera produksi video untuk channel Anda. Ada dua jenis video yang bisa anda buat. Jenis pertama adalah video di mana anda tampil di layar. Sedangkan video kedua adalah video rekaman layar komputer.

• Misalkan anda membuat video tutorial memasak. Nah, akan lebih baik kalau Anda memakai jenis video pertama, di mana anda tampil di video dan menjelaskan langkah-langkah memasak kepada penonton. Contoh lain, misalkan anda membuat video tutorial tentang game, akan lebih baik kalau anda membuat video rekaman layar komputer saat anda bermain game.
• Promosikan channel YouTube Anda, bagikan video Anda. Setelah anda membuat channel YouTube, maka segera isi channel tersebut dengan video-video anda. Selanjutnya, pastikan anda membagikan video tadi di media sosial lain (seperti di Twitter, Facebook, atau di blog anda sendiri). Tujuannya supaya semakin banyak orang yang menonton video Anda. Dan jangan lupa untuk memberi info agar para viewer tetap menyukai dan berlangganan YouTube anda dengan cara Subscribe.

Jika penonton video anda sudah banyak, maka barulah anda bisa memonetisasi channel YouTube Anda.

Bagi anda yang sudah menjadi YouTuber, anda juga bisa merambah ke dunia blogging. Sedangkan bagi anda para blogger, tak ada salahnya kalau Anda juga membuat channel YouTube. Selanjutnya, channel YouTube tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu sarana promosi blog anda. Siapa tahu, channel tersebut juga bisa menjadi sumber passive income alternatif bagi anda.

Oleh: Deotama Aditya
Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
NIM: 172022000060

Related posts

Leave a Comment