Tiga Pilar Lamongan Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Virtual

ADAKITANEWS, Lamongan – Tiga pilar Lamongan mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa dan Forkopimda Jatim, di Ruang Command Center Pemkab Lamongan Lantai III, Kamis (05/11) malam.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lamongan Fadeli, Kapolres Lamongan AKBP Harun, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan Agus Setiyadi, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Lamongan Faizal Hasanudin, Kepala Pengadilan Negeri Lamongan, Raden Adi Muladi, Ketua MUI Lamongan KH. Abdul Aziz dan Kepala OPD Lamongan dengan penanggung jawab Pj. Sekda Lamongan Hery Pranoto.

Dalam sambutan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran mengatakan, kehadiran Nabi Muhammad adalah sebagai penyempurna akhlak budi pekerti bagi umat manusia.

“Dalam situasi dan kondisi yang kita alami saat ini penting sekali bagi kita untuk mengambil pelajaran bagi sifat akhlak dan perilaku terpuji Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Di tengah kehidupan pandemi covid -19 yang melanda seluruh dunia terutama Indonosia dan belum berakhirnya masa pandemi ini yang terdampak pada sektor perekonomian, Kapolda mengibaratkan seperti menyelami samudra kehidupan yang penuh dengan tantangan.

“Seperti yang kita alami saat ini bangsa Indonesia termasuk kita semua yang ada di Jatim sedang dilanda demi virus covid-19 yang tidak hanya merasakan tapi juga mempengaruhi semua dimensi kehidupan baik sektor perekonomian kesehatan dan keamanan situasi ini penting sekali bagi kita untuk mengambil pelajaran dari sifat akhlak dan perilaku terpuji Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Sementara itu tauziah secara virtual oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nazarudin Umar MA menjelaskan, Nabi Muhammad SAW adalah tauladan bagi semua dalam sisi kehidupannya selalu menampilkan keistimewaan. Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang dan seorang imam besar, seorang guru dan raja.

“Dengan diperingatinya kelahiran Nabi Muhammad SAW semua Umat Islam untuk dapat merefleksikan kembali tentang kesejarahan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rasululullah Muhammad SAW sebagai Nabi akhir zaman telah banyak mengajarkan sifat-sifat dan akhlak yang baik untuk umat,” terangnya.

Diantara empat sifat Nabi Muhammad SAW, kata KH Nazarudin Umar, yakni shididiq (benar), amanah (dipercaya), fathonah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan). “Sifat-sifat inilah yang seharusnya kita pedomani sebagai umat Muslim yang menjadi suri tauladan di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ajaknya.

KH Nazarudin Umar mengharapkan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW bisa menambah kecintaan Umat akan sikap Keteladanan Rasul dalam melanjutkan perjuangan menyerukan kebaikan untuk umat manusia.(prap/kur)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan Fadeli, Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono saat mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual.(ist)

Related posts

Leave a Comment