Musim Umrah, Omzet Pengusaha Pigura Kaligrafi Meningkat

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pengerajin pigura kaligrafi di Kabupaten Sidoarjo dibanjiri pembeli. Meningkatnya jumlah pembeli di musim umrah tahun ini bahkan sudah mencapai 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

=========

Di tangan Widarti Setyaningsih, 50, kayu plafon, frame, kayu dake, fiber, hingga balok aluminium disulap menjadi pigura berbagai ukuran. Selain memproduksi pigura, Widarti juga membuat kaligrafi. Dari bahan baku tersebut, selanjutnya dibentuk sesuai dengan ukuran yang biasa digunakan pada ukuran frame foto mulai dari 10R hingga 20RS lebih. Ukuran juga menyesuaikan sesuaikan pesanan.

“Selain membuat beberapa ukuran untuk pigura saja, saya juga membuat kaligrafi,” kata Widarti Setyaningsih kepada Tim Adakitanews, Sabtu (22/12).

Dengan menggunakan peralatan seperti mesin bor dan mesin pemotong kayu, Widarti yang dibantu suami dan beberapa pekerjanya itu mampu menciptakan puluhan kaligrafi setiap harinya. Kaligrafi itu, dibuat dan dijual di toko pribadinya di Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan Sidoarjo.

Usai dibentuk menjadi bingkai, bahan-bahan tersebut kemudian disatukan dengan berbagai macam tulisan kaligrafi berlafadzkan surat-surat pendek seperti ayat kursi dan Asmaul Husna.

“Bulan-bulan belakangan memang meningkat penjualan kaligrafinya. Yang membeli banyak dari orang-orang muslim yang habis melaksanakan ibadah umrah untuk dipasang di rumah,” ungkap Widarti Setyaningsih.

Beberapa ukuran pigura yang diproduksi Widarti, mulai dari ukuran 60×90 sentimeter, 30×100 sentimeter, 30×140 sentimeter, hingga 30×150 sentimeter. “Yang paling diminati, yang harganya antara Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu,” katanya.

Kanvas berlafadzkan Allah dan Muhammad, juga menjadi favorit pembeli lantaran mempunyai daya tarik tersendiri. Yakni biasanya digunakan sebagai hiasan dinding rumah dengan harga yang cukup terjangkau.

“Iya membeli pigora kaligrafi bertuliskan ayat kursi untuk saya pasang di dinding rumah tamu,” kata Fitri, 35 , salah satu pembeli asal Sidoarjo.(sid3)

Keterangan gambar : Proses pembuatan dan toko pigura milik Widarti Setyaningsih.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment