Tahun Ini, Museum Penataran Blitar Dapat Bantuan Non Fisik Rp 450 Juta

ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Pusat telah memberikan bantuan terhadap museum penataran di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik. Bantuan yang diberikan untuk kegiatan non fisik tersebut bahkan mencapai Rp 450 juta.

“Tahun ini kita dapat DAK non fisik berupa Bantuan Operasional (BOP) dari Pusat senilai Rp 450 juta. Ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya non fisik,” kata Hartono, Kabid Budaya Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Selasa (19/03).

Ia menjelaskan, penggunaan anggaran itu meliputi tiga komponen, yakni untuk pemeliharaan koleksi, pemeliharaan ruang publik, serta pemeliharaan sarana dan prasarana. “Jadi sesuai juknis dari Pemerintah Pusat, bantuan itu digunakan untuk 3 komponen tersebut,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Hartono, salah satu penggunaan anggaran adalah untuk kegiatan belajar bersama di museum, sosialisasi, kemudian ada juga museum sekolah, serta pemeliharaan koleksi maupun pengembangan di ruang publik.

Sementara itu, kondisi museum secara umum sudah layak, karena dari segi bangunan maupun dari segi jumlah dan koleksi sudah memenuhi. Namun kalau sesuai ketentuan nasional memang belum layak, karena fasilitasnya belum setara dengan standar museum nasional.

“Kalau ketentuan nasional kan harus ada.beberapa fasilitas lain, seperti laboratorium. Selain itu ruang penyimpanan koleksi seharusnya dipasang AC juga. Itu yang kita belum ada,” pungkasnya.

Hartono menambahkan, kedepan secara bertahap, pihaknya juga mengajukan anggaran ke Pemerintah Daerah untuk perbaikan-perbaikan museum, karena meseum ini memang milik daerah. Sehingga akan ditata secara bertahap.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hartono, Kabid Budaya Disparbudpora Kabupaten Blitar.(ist)

Related posts

Leave a Comment