Lomba Desain Batik Khas Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lamongan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan berupaya menumbuhkan kreativitas dan kecintaan generasi melenial terhadap batik Lamongan. Salah satunya dengan menggelar lomba desain batik khas Lamongan di Alun-alun Lamongan, Selasa (01/10).

“Lomba desain batik tujuannya menggali kreativitas para siswa dan kecintaan terhadap batik Lamongan,” kata Ketua Dekranasda Lamongan, Mahdumah Fadeli.

Lomba desain batik Lamongan ini sekaligus merupakan rangkaian peringatan Hari Batik Nasional, Rabu 2 Oktober 2019. Para siswa yang mengikuti lomba desain batik ini bisa merasakan ikut membatik langsung dengan menggunakan canting.

Mahdumah menambahkan, ada sebanyak 390 siswa mulai tingkat SD hingga SMA sederajat yang ikut lomba desain batik khas Lamongan ini. “Tingkat SD dan sederajat 44 siswa, SMP sederajat 208 siswa, dan SMA sederajat 137 siswa. Mereka perwakilan dan utusan sekolah di masing-masing kecamatan,” paparnya.

Para siswa ini, lanjut Mahdumah, bersaing menjadi yang terbaik dalam kreativitasnya membuat motif batik bernuansa Lamongan seperti Bandeng Lele, Melati dan Singo Mengkok. “Nantinya ada 10 penghargaan di masing-masing tingkatan baik SD, SMP maupun SMA sederajat,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Fadeli mengapresiasi lomba desain batik menjelang peringatan Hari Batik Nasional pada tahun 2019 ini. Menurutnya, lomba desain batik sejak dini pelajar untuk menumbuhkan kreativitas akan menumbuhkan kecintaan terhadap batik Lamongan. Batik Lamongan sudah menjadi kebanggan warga Lamongan dan sudah banyak dipakai masyarakat Lamongan atau luar Lamongan.

Kepala Disperindag Lamongan, M Zamroni menjelaskan, selain lomba desain batik khas Lamongan, juga akan digelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Hari Batik Nasional. “Mulai dari seminar batik dan lomba fashion batik tingkat SD, SMP dan SMA serta antar OPD, pada Kamis (03/10) mendatang,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: Kepala Disperindag Lamongan, Zamroni saat melihat para peserta lomba desain batik khas Lamongan.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment