Festival Jaranan Kediri Sedot Antusias Warga

ADAKITANEWS, Kediri – Festival Jaranan Kediri kembali menyemarakkan rangkaian Festival Kelud 2019. Kegiatan yang diikuti oleh 26 peserta dari setiap kecamatan di Kabupaten Kediri tersebut, sukses menyedot antusias pengunjung selama dua hari, mulai tanggal 7-8 September 2019.

Salah satu seniman jaranan asal Kecamatan Kandangan, Margiono mengatakan, bisa tampil meramaikan Festival Kelud 2019 ini adalah suatu kebanggaan. Hal itu karena mereka bisa mengenalkan seni jaranan kepada pengunjung yang datang.

“Atraksi ini juga untuk meramaikan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri yaitu Gunung Kelud,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, melalui Kas Kesenian, Sulistyowati, S.Sn., mengatakan, pada Festival Jaranan tahun ini akan diberikan penghargaan dalam kategori penyaji terbaik, penata tari terbaik, musik terbaik, pemenang favorit dan unggulan. Untuk penampilan para peserta, dibagi menjadi dua hari. Yakni pada Sabtu (07/09) sebanyak 15 peserta, dan Minggu (08/09) ada 11 peserta.

Pada event tahun ini, kata Sulistyowati, yang diangkat adalah “penthul”. Salah satu alasannya adalah karena di kesenian jaranan, penthul sudah hampir punah.

“Dinas Pariwisata berusaha memunculkannya dan akan memberikan penghargaan bagi pemenang penthul terbaik. Selain untuk melestarikan seni budaya, juga agar penthul bisa muncul di kesenian jaranan khas Kabupaten Kediri,” ujarnya.(*/kur)

Keterangan gambar: Festival Jaranan di Festival Kelud 2019.(dok kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment