Surat Suara DPD, Capres dan Cawapres untuk Kabupaten Blitar Belum Tiba

ADAKITANEWS, Blitar – Waktu Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 semakin dekat. Beberapa daerah sudah mulai mematangkan persiapannya. Termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar yang sudah mulai melakukan pelipatan dan sortir surat suara. Namun demikian, belum semua surat suara tiba di Kabupaten Blitar.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, sampai saat ini surat suara yang sudah tiba dan sedang proses pelipatan maupun sortir adalah surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi. Sedangkan surat suara DPRD Kabupaten juga sudah tiba, Jumat (01/03) kemarin.

“Sampai saat ini kita masih menunggu kedatangan surat suara DPD, Capres dan Cawapres. Untuk jumlahnya sama, yakni jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persen dari jumlah DPT tersebut. Kalau jumlah DPT di Kabupaten Blitar mencapai sekitar 965 ribu,” kata Imron, Sabtu (02/03).

Imron menjelaskan, surat suara sendiri dikirim langsung ke Kabupaten Blitar dari Malang. Untuk kepastian waktu datangnya, pihaknya belum mengetahuinya. Karena masih menunggu instruksi lebih lanjut dan juga dari percetakan surat suara.

Sementara itu, saat ini diakuinya sudah ada beberapa surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten disortir karena rusak. Nantinya, pihaknya akan meminta surat suara baru ke Provinsi Jawa Timur. Banyak kategori dinyatakan rusak, seperti sobek maupun terdapat tanda tertentu.

“Jadi yang telah disortir oleh tenaga sortir, nanti alam kita cek lagi. Baru setelah dipastikan jumlahnya, kita ajukan permintaan surat suara baru ke Provinsi,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Imron Nafifah, Ketua KPU Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment