Sosialisasikan Pilpres dan Pileg 2019, KPU Gelar Pertunjukan Jaranan

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar acara sosialisasi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019, Sabtu (21/04) sore. Kegiatan yang diisi dengan pertunjukan jaranan itupun, sukses menarik antusias masyarakat untuk hadir dalam sosialisasi tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaruisworo menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Desa/Kecamatan Wates Kabupaten Kediri tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan agenda Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang.

“Tujuannya agar masyarakat tahu tanggal 17 April 2019 mendatang ada Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan Pemilihan Anggota DPR RI, DPRD Jawa Timur, dan DPRD Kabupaten Kediri,” katanya saat diwawancarai usai acara.

Lebih lanjut Sapta menjelaskan, selain menyampaikan agenda tersebut, KPU juga mensosialisasikan nama-nama partai peserta Pemilu 2019, sekaligus jumlah Dapil (Daerah Pemilihan) di Kabupaten Kediri.

“Di Kabupaten Kediri dibagi menjadi 6 Dapil. Dapil 1 atau yang disebut dengan Kediri 1 terdiri dari Kecamatan Ngasem, Gampengrejo, Papar, Kayen Kidul, Pagu, dan Gurah. Kediri 2 terdiri dari Kecamatan Pare, Plemahan, Purwoasri, Kunjang, dan Badas. Kediri 3 ada Kecamatan Puncu, Kepung dan Kandangan. Kediri 4 terdiri dari Kecamatan Plosoklaten, Wates dan Ngancar. Kediri 5 ada Kecamatan Kandat, Ringinrejo, Kras, dan Ngadiluwih. Dan terakhir adalah Kediri 6 yang terdiri dari Kecamatan Semen, Mojo, Banyakan, Grogol, dan Tarokan,” jelasnya.

Di depan ratusan warga yang hadir sore itu, Sapta pun kembali mengingatkan agar pada Pemilu 2019 mendatang semua warga yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan memberikan suaranya. Hal itu sesuai dengan jargon yang diangkat oleh KPU, yakni “Pemilih Berdaulat, Negara Kuat”.

Usai memberikan berbagai informasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2019, kegiatan pagelaran jaranan kembali dilanjutkan dengan ditandai pembunyikan pecut (cemeti,jawa-red) oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri dan beberapa jajaran Forkopimka Kecamatan Wates yang hadir.(kur)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaruisworo saat menyampaikan sosialisasi di depan warga.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment