Sortir Surat Suara di Blitar Ditargetkan Seminggu Tuntas

ADAKITANEWS, Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur sebelum didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Blitar.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Keuangan Umum dan Logistik, Nikmatus Sholihah mengatakan, logistik surat suara untuk Pilgub Jatim baru sampai di kantor KPU Kabupaten Blitar pada Selasa (29/05). Sehingga pihaknya baru bisa melakukan sortir surat suara hari ini, Kamis (31/05). Sementara untuk tempat sortir dilakukan di gedung sebelah kantor KPU Kabupaten Blitar yang berada di Kecamatan Garum.

“Logistik surat suara untuk Pilgub Jatim 2018 memang datangnya agak terlambat. Jadwal awal datang pada Sabtu (26/05), kemudian ditunda Senin (28/05). Tapi akhirnya baru sampai di kantor kami itu baru Selasa (29/05) lalu,” jelasnya, Kamis (31/05).

Menurut Nikmatus, jumlah surat suara yang diterima KPU kabupaten Blitar totalnya sekitar 961 ribu. Jumlah ini meliputi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 936.896, ditambah sekitar 2,5 persen jumlah DPT di masing-masing TPS. Sehingga ada kelebihan yang cukup banyak.

“Totalnya surat suara yang kita terima itu sejumlah DPT ditambah dengan 2,5 persen jumlah DPT di masing-masing TPS yakni sekitar 961 ribu,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Nikmatus mengaku, pihaknya menargetkan pelaksaan sortir surat suara harus selesai dalam kurun waktu satu minggu. Sementara itu pihaknya menerjunkan sekitar 40 petugas di hari pertama ini. Namun jika setelah dievaluasi masih kekurangan petugas, maka pihaknya akan melakukan penambahan petugas.

“Kita target harus selesai selama satu minggu ya, tapi kita juga akan mengevaluasi untuk hari pertama dan hari kedua, kalau memang kurang tenaganya ya kita akan menambah jumlah tenaga,” pungkasnya.

Nikmatus menambahkan, untuk saat ini pihaknya belum bisa menghitung berapa jumlah surat suara yang rusak dan harus menunggu proses sortir selesai dilakukan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana proses sortir.(ist)

Related posts

Leave a Comment