Ribuan Surat Suara Rusak di Blitar Akhirnya Dimusnahkan

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 667 tertanggal 10 April 2018 tentang pemusnahan logistik Pemilu, KPU Kabupaten Blitar akhirnya memusnahkan ribuan surat suara rusak dengan cara dibakar, Rabu (17/04). Pemusnahan dilakukan di gudang logistik di Kecamatan Garum sekitar pukul 07.45 WIB.

Pada pemusnahan, turut hadir Kapolres Blitar, Dandim, Bakesbangpol, serta Bawaslu Kabupaten Blitar. “Pemusnahan ini sudah sesuai amanat undang-undang,” kata Imron Nafifah, Ketua KPU Kabupaten Blitar usai pemusnahan.

Lebih lanjut Imron menjelakan, jumlah surat suara yang diterima KPU Kabupaten Blitar sekitar 965 ribu. Setelah disortir, terdapat sisa surat suara yang rusak sebanyak 2.194 yang akhirnya harus dimusnahkan.

“Jadi yang kita distribusikan sudah sesuai dengan jumlah DPT dimasing-masing wilayah. Kita juga pastikan semuanya sudah didiatribusikan sampai tempat tujuan,” ujarnya.

Terakhir Imron menambahkan, pihaknya berharap dalam Pemilu 2019 ini, partisipasi masyarakat bisa mencapau 80 persen. Meski target di Jatim hanya 77,5 persen.(fat)

Keterangan gambar: Suasana pemusnahan surat suara.(ist)

Related posts

Leave a Comment