Ratusan Surat Suara Pemilu 2019 Dinyatakan Rusak

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 231 lembar kertas surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Tulungagung dinyatakan rusak.

Jumlah kerusakan kertas surat suara terdeteksi setelah melalui tahapan sortir dan lipat. “Kerusakan surat suara, diketahui pada saat berlangsungnya proses lipat dan sortir yang sudah berlangsung sejak 10 hari lalu, kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Kamis (21/02).

Lanjutnya dari 231 surat suara yang rusak tersebut sebanyak 27 lembar surat suara untuk DPRD kabupaten, dan 204 untuk jenis surat suara DPRD Provinsi. Kerusakan tersebut diantaranya karena kotoran tinta dan minyak serta sobek pada bagian sudut surat suara.

“Kerusakan surat suara tersebut akibat proses dipercetakan. Seperti saat pemotongan, paking, atau saat proses pencetakan ada tinta dan minyak yang menetes,” jelas Ketua KPU Tulungagung.

Terkait kerusakan surat suara itu, tambah Suprihno, pihaknya akan segera melaporkan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur. “Segera akan kita laporlan pada KPU RI, agar segera dapat pengganti,” terang Suprihno.

Suprihno juga menyampaikan, KPU Tulungagung sampai saat ini baru menerima tiga jenis surat suara untuk Pemilu 2019 . Yaitu surat suara DPRD kabupaten dan provinsi Jatim, serta DPR RI. Sedangkan surat suara untuk pemilihan Presiden dan DPD belum diterima.

Sementara, jumlah surat suara yang sudah diterima KPU Tulungagung untuk pemilihan caleg DPRD provinsi dan DPR RI masing – masing berjumlah 869.622 lembar, sedangkan DPRD kabupaten berjumlah 869.624 lembar.(bac)

Keterangan gambar : Staf KPU Tulungagung sedang menunjukkan kartu suara yang rusak.(foto : acta cahyo)

Related posts

Leave a Comment