Puti Ziarah ke Makam Leluhur dan Pengasuh Bung Karno di Tulungagung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebelum melakukan rangkaian kegiatan kampanye di Tulungagung, calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno melakukan ziarah ke makam Raden Hardjodikromo, yang tak lain adalah eyang dari Presiden pertama, Soekarno.

Kedatangan Puti di pemakaman umum Kelurahan Kepatihan, Tulungagung ini didampingi oleh anggota DPR RI, Eva Kusuma Sundari, calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo – Maryoto Birowo, Ketua DPC PDI Perjuangan, Supriono serta jajaran pengurus dan simpatisan.

“Saya ini punya darah Tulungagung. Di sini ada makam Raden Hardjodikromo, yang merupakan ayah dari Soekemi Sosrodihardjo atau eyang dari Bung Karno. Kalau urutan sampai saya jatuhnya canggah,” kata Puti Guntur Soekarno, Senin (26/02).

Usai memanjatkan doa dan tabur bunga di makam leluhurnya, Puti melanjutkan ziarah ke makam Sarinah, yang lokasinya masih satu komplek. Sarinah adalah pengasuh Soekarno dimasa kecilnya, yang meninggal pada tanggal 28 Desember 1959.

Puti yang datang tanpa Gus Ipul ini menyampaikan, sosok Sarinah merupakan pribadi perempuan hebat yang cukup dikagumi oleh Bung Karno dan menjadi salah satu inspirasi perjuangannya.

“Sarinah juga yang mengajarkan Bung Karno budi pekerti, bagaimana menyelami perasaan dan menyelami hati dari rakyat Indonesia, itu dimulai dari mbok Sarinah sebagai pengasuh beliau,” ujar Puti.

Sarinah dapat dijadikan inspirasi di zaman sekarang terkait kiprahnya sebagai seorang pengasuh yang selalu mengajarkan karakter dan budi pekerti yang hebat.(bac)

Keterangan gambar : Puti Guntur Soekarno saat melakukan ziarah di makam Sarinah, pengasuh dari Bung Karno.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment