Pilwali Kota Kediri: Mas Abu Menang Telak dengan 57,54 Persen Suara

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pasangan petahana, Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah, unggul jauh dari 2 paslon lain dalam kontestasi Pilwali Kota Kediri, yang digelar Rabu (27/06) kemarin.

Hasil terakhir hitung cepat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri hingga pukul 07.15 WIB hari ini, Mas Abu, sapaan akrab Abdullah Abu Bakar bersama pasangannya, Lilk Muhibbah atau yang akrab disapa Ning Lik, mendapatkan 79.164 suara atau sebanyak 57,54 persen.

Pasangan lain, yakni mantan Walikota Kediri, Samsul Ashar yang berpasangan dengan Teguh Juniadi, mendapatkan 30.483 suara atau sebanyak 22,16 persen. Dan terakhir, pasangan Aizzudin Abdurrahman-Sujono Teguh Wijaya, mendapatkan 27.930 dukungan suara atau sebanyak 20,30 persen.

Hitung cepat KPU tersebut, untuk sementara masih berasal dari 449 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 485 TPS, dengan total suara masuk sebanyak 133.577 suara.

Dalam pernyataan sebelumnya, Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menyampaikan bahwa hasil hitung cepat yang disediakan di website resmi KPU tersebut belum merupakan hasil resmi.

“Mulai besok (hari ini,red), PPK akan mulai melakukan rekapitulasi hasil perolehan sementara, dimulai dari hasil Pilgub, kemudian baru Pemilihan Walikota,” ujar Agus Rofik saat dikonfirmasi awak media, Rabu (27/06) kemarin.

Sekadar diketahui, dalam ajang Pilwali Kota Kediri tahun 2018 ini, ada 3 paslon yang ikut berlaga. Mereka adalah paslon nomor urut 1, Aizzudin Abdurrahman-Sujono Teguh Wijaya yang diusulkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra, paslon petahana nomor urut 2, Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah yang diusulkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasdem, serta paslon nomor urut 3, Samsul Ashar-Teguh Juniadi yang diusulkan partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura.(kur)

Keterangan gambar: Ketiga paslon saat debat publik terakhir, Jumat (22/06) kemarin.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment