Pemilu Serentak 2019, KPU Kota Kediri: Sukses Tapi Banyak Evaluasi

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kontestasi Pemilu 2019 telah usai digelar pada 17 April 2019 lalu. Namun hingga kini, proses rekapitulasi perhitungan suara masih terus berjalan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Agus Rofiq mengatakan, penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 tergolong sukses. Meski demikian, ada beberapa hal yang layak dievaluasi oleh KPU Pusat sebagai referensi Pemilu tahun 2024 selanjutnya.

“Kalau dilihat dari jumlah partisipasi pemilih yang mencapai lebih dari 90 persen lebih, sudah termasuk meningkat. Ada juga beberapa hal yang perlu dievaluasi. Diantaranya petugas penyelenggara pemilu sempat kelelahan,” kata Agus Rofiq di sela kegaiatan rekapitulasi tingkat kota di Hotel Grand Surya, Selasa (30/04).

Agus Rofiq merinci, salah satu yang menjadi catatan adalah banyaknya jumlah surat suara yang harus dihitung. Hal tersebut juga menjadi perhatian secara nasional lantaran dianggap cukup menguras tenaga para penyelenggara pemilu. Bahkan, ada yang sampai jatuh sakit hingga dikabarkan meninggal dunia lantaran kelelahan.

“Kemudian juga dibutuhkan bimtek yang memadahi. Paling tidak 3 kali agar penyelenggara pemilu benar-benar paham terkait proses Pemilu,” tambahnya.

Dalam rapat pleno siang itu, diketahui pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin unggul telak dari saingannya yakni pasangan Prabowo – Sandiaga Uno dengan perolehan suara 143.991 dibanding 38.955.

“Alhamdulillah semua saksi tadi tidak ada yang protes atau keberatan. Hasil Pemilu Presiden di Kota Kediri, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan suara 143.991, sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi memperoleh 38.955 suara,” kata Agus Rofiq.

Selanjutnya, kata Agus Rofik, pihaknya akan langsung menyerahkan hasil rekapitulasi tersebut kepada para saksi.

“Kami juga sampaikan ke Bawaslu, setelah itu dikirim ke provinsi untuk jenis pemilihan yang direkap untuk provinsi. Kalau yang DPRD Kota Kediri sudah langsung kami tetapkan dalam bentuk SK dan akan dikirimkan juga ke KPU RI melalui Provinsi Jatim untuk ditetapkan hasil pemilu secara nasional,” tandasnya.(kur)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq dan kegiatan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2019.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment