Mbak Puti: Pendidikan Hingga Tingkat Menengah Atas, Jadi Tanggungjawab Pemerintah

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pendidikan merupakan hal paling penting yang harus dilalui setiap anak di Jawa Timur. Untuk mewujudkannya, pemerintah wajib memastikan bahwa wajib belajar 12 tahun benar-benar terlaksana. Baik di lingkup pemerintah kabupaten/kota untuk jenjang SD/SMP, dan pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK.

Hal itu dikatakan oleh Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur 2018 nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno di depan ribuan buruh dan karyawan PT Sekar Group Tbk di Sidoarjo, Rabu (23/05).‎ Mbak Puti, sapaan akrabnya, yang saat itu didampingi oleh istri Gus Ipul, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, sebagai Cawagub dirinya berkomitmen memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak terutama dari keluarga yang tidak mampu melalui program Dikdilan (Pendidikan Gratis untuk Dilanjutkan).

Mbak Puti menegaskan, selain dalam rangka melaksanakan wajib belajar 12 tahun, program Dikdilan juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk ‎meringankan beban ekonomi dalam rumah tangga seluruh warga Jawa Timur.

“Pendidikan di tingkat dasar dan SMP menjadi tanggungjawab pemda setempat. Untuk tingkat menengah atas, nantinya menjadi tanggungjawab Pemprov Jatim,” katanya.

Cucu Presiden RI pertama, Ir Soekarno itu juga menambahkan, dalam memimpin Jatim bersama Gus Ipul, pihaknya berkomitmen akan memprioritaskan banyak program. Selain bidang pendidikan, ada juga program kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, yang belum tercover dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Yang pertama lewat program Dikdilan, dan kesehatan sebagai penguatannya lewat program Jatim Sehat untuk membiayai keluarga tidak mampu yang sedang sakit dan belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,” paparnya.‎

Menurutnya, dua hal tersebut sangat penting untuk membantu perekonomian bagi para kaum pekerja untuk menunjang perekonomian rumah tangga. “Kebijakan kami adalah bisa mengurangi beban ekonomi dalam rumah tangga lewat pendidikan dan kesehatan,” ujar Mbak Puti.(sid3)

Keterangan gambar : Cawagub Jatim Puti Guntur saat mengunjungi karyawan PT Sekar Group tbk Sidoarjo.(foto: andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment