Masyarakat, Mahasiswa, hingga Partai Politik, Tandatangani Deklarasi Tolak Politik Uang

ADAKITANEWS, Jombang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat di Jombang untuk ikut serta mengkampanyekan pilkada yang bersih dari politik uang.

Pada acara yang digelar di salah satu rumah makan di Jalan KH Wahid Hasyim Kabupaten Jombang tersebut, Panwaslu Kabupaten Jombang mengajak seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa serta partai politik untuk mendeklarasikan diri menolakan terhadap politik uang di proses Pemilihan Kepala Daerah.

Setelah dilakukan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018, acara dilanjutkan dengan penandatanganan papan deklarasi di Bundaran Taman Ringincontong sebagai simbol perlawanan terhadap praktik politik uang di Pilkada yang diikuti oleh ratusan peserta deklarasi.

“Hari ini adalah sebuah upaya pencegahan dan lawan politik uang dan politisasi isu SARA yang digelar dalam bentuk deklarasi,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Jombang, Nur Khasanuri saat diwawancarai Tim Adakitanews.com, Rabu (14/02).

Sedangkan saat disinggung mengenai teknis dan penanganan maupun pengawasan terkait praktik politik uang di pilkada 2018, Nur Khasanuri mengatakan akan memaksimalkan jajaran Panwaslu mulai dari tingkat TPS, Kecamatan hingga Kabupaten.

“Jika nanti manakala ditemukan ada money politik, satgas itu akan hubungi kita untuk menyampaikan temuan itu sebagai bentuk laporan yang akan kita tindaklanjuti bersama Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu) yang ada di Panwaslu Kabupaten Jombang,” paparnya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Kabupaten Jombang, Wahyu Hidayat yang juga terlihat mengikuti Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 itu menyampaikan agar pengawasan terhadap Pilkada di Jombang harus diawasi secara masif supaya tercipta suasana Pilkada yang damai dan tidak mencederai nilai-nilai demokrasi.

“Seluruh komponen masyarakat harus bersatu dalam menjaga persaudaraan kebangsaan dan cita-cita negara pada Proklamasi 17 Agustus 1945. Karena itu mari kita dukung terselenggaranya Pilkada Jombang yang aman dan damai, tidak ada isu SARA maupun politik uang yang jelas-jelas akan mencederai nilai demokrasi,” tegas Ketua DPC GMNI Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 dan Ketua Panwaslu Kabupaten Jombang, Nur Khasanuri.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment