Mas Dhito – Mbak Dewi Jadi Paslon Terpilih

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Terpilih di Ruang Kilisuci Kantor Pemkab Kediri, Jumat (22/01). Dalam rapat tersebut, pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, ditetapkan oleh KPU sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam ajang Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

KPU menetapkan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa sebagai pasangan calon terpilih setelah meraih suara terbanyak pada Pilbup Kediri 2020, yakni 590.644 suara melawan Kolom Kosong dengan 181.155 suara.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, didampingi seluruh komisiioner KPU Kabupaten Kediri dan dihadiri paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Dhito – Dewi.

Komisioner Divisi Teknik Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori menjelaskan bahwa rapat penetapan ini digelar karena Pilkada Kediri Tahun 2020 tidak ada sengketa di MK. Hal itu sesuai PKPU No 5 tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas PKPU no 15 tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Dari nota dinas yang kami terima dari KPU RI, penetapan dilakukan selambatnya 5 hari setelah adanya nota dinas. Dan kita putuskan dilaksanakan pada hari ini. Sebelumnya, kita sudah rencanakan pada 18 atau 19 Januari kemarin. Namun karena BRPK-nya baru diterima tanggal 20, jadi kita undur,” kata Anwar, Jumat (22/01).

Setelah dilakukan penetapan calon terpilih ini, lanjut Anwar, nantinya KPU akan membuat berita acara dan keputusan KPU tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kepada anggota DPRD Kabupaten Kediri.

“BA ini sebagai bahan yang akan digunakan dewan untuk mengajukan usul pimpinan daerah yang baru. Pengajuan ini akan dilanjutkan dewan sebagai usulan kepada Kemendagri melalui Gubernur Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Dhito mengatakan akan segera membuat rencana kerja untuk menjadikan Kabupaten Kediri menjadi lebih baik, khususnya penanganan pandemi Covid-19.

“Nanti dalam seratus hari kerja saya, yang menjadi prioritas adalah penanganan Covid, Covid, dan Covid,” tegas Dhito yang juga merupakan putra Sekretaris Kabinet, Pramono Anung tersebut.(*/kur)

Keterangan gambar: Rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Terpilih oleh KPU Kabupaten Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment