KPU Tulungagung Belum Berencana Adakan TPS Khusus Lapas Dan Rumah Sakit

ADAKITANEWS, Tulungagung – Pada Pemilu 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung belum berencana membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah sakit, seperti Pemilu 2014 yang lalu.

Alasan KPU, karena dalam penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu kali ini didasarkan pada daerah asal pemilih. “Karena tidak ada DPT khusus di tempat tersebut, maka tidak diadakan TPS khusus,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Selasa (22/01).

Lanjut Suprihno, sampai saat ini pihaknya masih menunggu adanya regulasi tentang diadakannya TPS khusus atau tidak dari KPU RI.

Meski demikian, tambah Suprihno, KPU dapat membuat TPS di dalam Lapas, asalkan jumlah pemilihnya mencapai 100 pemilih atau lebih. “Mungkin saja akan dibuat TPS sesuai kondisi yang ada. Karena pertimbangan faktor keaman dan jumlah pemilihnya lebih dari 100 orang, maka di Lapas bisa dibuat TPS,” terangnya.

Pihaknya akan mendata berapa jumlah pemilih yang ada di Lapas. Jika memungkinkan akan diadakan TPS, tapi kalau tidak, bisa dilakukan oleh TPS terdekat.

Suprihno juga menyampaikan, untuk warga binaan Lapas, syarat untuk dapat memilih di TPS Lapas, harus memiliki Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Formulir ini sebelumnya disebut dengan formulir A5. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang berada di rumah sakit.(bac)

Keterangan gambar : Suprihno, Ketua KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment