KPU Sidoarjo Gelar Sosialisasi Pendaftaran Parpol dan Aplikasi Sipol

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Upaya untuk melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo. Salah satunya dengan menggelar Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik, serta Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), di The Sun Hotel Sidoarjo, Jumat (29/09).

Dalam sosialisasi tersebut, tampak hadir Kepala Bakesbangpol Sidoarjo, Mulyawan, Ketua Panwaslih Sidoarjo, M Rosul, serta sejumlah anggota dari beberapa Parpol di Sidoarjo.

Menurut Plh Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Miftakul Rohmah, tujuan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada partai politik calon peserta Pemilu Tahun 2019 tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi Parpol termasuk juga sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

“Sosialisasi ini sangat penting, karena masih banyak pihak, terutama parpol yang belum memahami tata cara dan aturan mengenai pendaftaran dan verifikasi parpol. Hari ini kami mengundang seluruh partai politik yang sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham,” imbuhnya.

Sementara itu, Nanang Haromin, Komisioner KPU Sidoarjo yang juga membidangi Divisi Hukum menambahkan, bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal yang dilakukan KPU sebelum tahapan pendaftaran Parpol Pemilu Tahun 2019 dimulai. “Kami harapkan nantinya setelah sosialisasi ini, rekan-rekan parpol calon peserta pemilu bisa lebih memahami mekanisme pendaftaran dan tidak mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran parpol ke depan,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, tahapan pendaftaran parpol dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2017. Sedangkan tahapan Verifikasi administrasi Parpol dilaksanakan mulai tanggal 17 Oktober sampai dengan 15 November 2017.(pur)

Keterangan gambar : KPU Sidoarjo Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik serta Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), di The Sun Hotel Sidoarjo, Jumat (29/09).(foto: mus purmadani)

Related posts

Leave a Comment