KPU Kediri Tetapkan Jumlah DPT

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menetapkan 1.231.512 nama yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, Jumat (16/10).

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana mengatakan, data tersebut diperoleh setelah KPU Kabupaten Kediri melakukan pemutakhiran data.

Sebelumnya, kata Wisnu, pada proses pemutakhiran data pemilih, jumlah daftar pemilih mencapai angka 1.308.864 orang. Namun setelah melalui proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan mulai 15 Juli sampai 13 Agustus lalu, akhirnya diperoleh 1.234.918 nama yang masuk dalam daftar DPS (Daftar Pemilih Sementara).

“Setelah kita tetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kita mendapat masukan dan kita lakukan pemutakhiran data. Dari data tersebut, erkurang sekitar 7.219 pemilih dan bertambah pemilih baru sebanyak 3.813,” jelasnya.

Dari total 1.231.512 pemilih, diketahui sebanyak 617.712 diantaranya merupakan pemilih laki-laki dan 613.800 lainnya adalah pemilih perempuan. Meski sudah ditetapkan sebagai DPT, KPU mengaku akan tetap memantau perubahan data yang mungkin terjadi. Salah satunya jika ada yang meninggal atau pindah domisili.

“Jika ada pemilih yang meninggal dunia nama tersebut akan tersebut akan kita coret, sementara surat- suara akan kita amankan agar tidak disalah gunakan,” tegas Wisnu.(adv/kpukediri/kur)

Keterangan gambar: Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana.(dok adakitanews)

Related posts

Leave a Comment