KPU Jombang Sudah Tetapkan Jumlah Minimum Dukungan Untuk Calon Independen

ADAKITANEWS, Jombang – KPU Kabupaten Jombang telah memutuskan jumlah minimum dukungan yang harus dipenuhi oleh sejumlah calon kepala daerah di Kabupaten Jombang, yang berniat maju melalui jalur independen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat pleno untuk menentukan jumlah minimum dukungan untuk syarat maju ke pilkada 2018 melalui jalur independen.

“Sesuai tahapan pada Peraturan KPU nomor 1 tahun 2017, jadwal penetapan rekapitulasi DPT pemilu sebagai dasar perhitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan dimulai sejak 10 September,” jelas Ketua KPU Jombang, Jumat (29/09).

Dari hasil rapat pleno tersebut, tutur Muhaimin Shofi, disimpulkan bahwa jumlah dukungan bagi calon perseorangan adalah sebanyak 74.383 dukungan. ”Sesuai PKPU nomor 3 tahun 2017, syarat dukungan pasangan calon perseorangan bagi kabupaten yang DPT-nya antara 500 ribu hingga 1 juta adalah 7,5 persen dari DPT. Jadi, dalam Pilbup Jombang 2018, besarannya adalah 7,5 persen dari 991.770 orang,’’ paparnya.

Ketua KPU Jombang melanjutkan, bahwa jumlah dukungan bagi calon independen yakni 74.382,75 atau dibulatkan menjadi 74.383. ”Itu adalah syarat mutlak bagi calon yang maju independen,’’ ungkap Muhaimin Shofi.

Sementara itu, selain bakal calon yang melakukan pendekatan ke partai politik, Muhaimin Shofi mengaku sudah ada beberapa orang yang berminat maju sebagai calon perseorangan atau independen.

Hal tersebut menyusul beberapa hari terakhir, ada sejumlah pihak yang telah datang ke KPU Kabupaten Jombang untuk menanyakan syarat calon independen. “Dalam beberapa hari terakhir ada sejumlah orang yang mulai melakukan komunikasi ke KPU. Ada yang mulai tanya-tanya ke KPU, mulai syarat hingga jumlah dukungan serta tanggal pendaftaran,’’ tandas Muhaimin Shofi.(ar)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kabupaten Jombang.(dok. Adakitanews.com)

Related posts

Leave a Comment