KPU Blitar Kebut Setting dan Packing Logistik Pemilu 2019

ADAKITANEWS, Blitar – Seminggu menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar terus mengebut proses setting dan packing logistik. Proses setting dan packing dilakukan di gudang transit yang ada di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, saat ini sedang berlangsung setting packing surat suara dan perlengkapan TPS. Setting dan packing yang dilakukan di gudang transit, sistemnya bergilir per kecamatan.

Menurutnya, lanjut Imron Nafifah, semua surat suara dan perlengkapan TPS tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam kotak suara, selanjutnya disegel. Setelah itu akan didistribusikan oleh KPU ke masing-masing kecamatan.

“Setelah disetting packing dan disegel kemudian oleh KPU akan didistribusikan ke kecamatan masing-masing,” kata Imron, Kamis (11/04).

Untuk distribusi, lanjut Imron, KPU memprioritaskan kecamatan terjauh dan yang gudangnya sudah siap untuk dikirim terlebih dahulu. Misalnya di sebagian besar kecamatan di Blitar selatan dan Blitar utara.

“Jadi prioritasnya yang gudangnya sudah siap dan lokasinya jauh,” pungkasnya.

Sementara untuk surat suara rusak, KPU Kabupaten Blitar sejauh ini hanya menemukan sekitar 0,06 persen dari jumlah keseluruhan masing-masing surat suara. Untuk menggantikan surat suara rusak ini, KPU Kabupaten Blitar telah menerima informasi jika pada minggu ini kekurangan sudah akan dikirim.

“Kerusakan rata-rata ada bercak atau noda. Ada yang memang nodanya hanya bercak-bercak kecil adapula yang memang noda cukup besar sehingga menghalangi pemilih untuk menentukan pilihan. Namun minggu ini dipastikan untuk penggantinya sudah datang,” jelasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana setting dan packing.(ist)

Related posts

Leave a Comment