KPU Akan Panggil Lagi Bacaleg Yang Persyaratannya Kurang

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019, akan ditutup pada Selasa (17/07) pukul 24.00 WIB. Meski demikian, bagi para bacaleg yang dalam pendaftaran belum melengkapi persyaratan, masih ada waktu hingga 31 Juli 2018 mendatang.‎

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo, Zaenal Abidin menjelaskan, setelah semua persyaratan wajib dari setiap bacaleg terpenuhi, nantinya masih akan ada proses selanjutnya yakni perbaikan khusus untuk syarat tiap-tiap bacaleg. Yakni mulai tanggal 22 – 31 Juli 2018.

Dijelaskan Zaenal, penyampaian hasil verifikasi atas semua persyaratan kepada seluruh bacaleg, akan dilakukan pada tanggal 21 Juli 2018. Dan bagi bacaleg yang dalam pendaftaran sudah diterima namun belum terlengkapi, akan dipanggil kembali dan bisa melengkapi lagi.

“Setelah disampaikan hasil verifikasinya, yang belum lengkap, nantinya dilengkapi pada 22 sampai 31 Juli itu,” tegasnya.

Lebih jauh Zaenal memaparkan, persyaratan wajib yang harus dipenuhi untuk bisa diterima dalam pendaftaran per dapil, nama-nama calon harus sudah ada di formulir B1, B2, dan B3 dan lainnya. Sementara untuk syarat perseorangan, bisa dilengkapi hingga tanggal 31 Juli 2018.

“Semua persyaratan wajib harus dipenuhi ketika mendaftar. Apabila ketika mendaftar ternyata ada yang belum terpenuhi, maka kita tolak atau dengan kita hanya berikan berita acara penerimaan berkas saja, bukan kita beri tanda terima,” jelas Zaenal.

Untuk diketahui, hingga berita ini ditulis, sudah ada 10 partai politik yang mendaftarkan bacalegnya ke kantor KPU Sidoarjo. Mereka adalah Partai Golkar, Nasdem, Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Perindo, PDIP, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serta Partai Gerindra.

Sementara yang belum terlihat mendaftar, adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Garuda, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).(sid3)

Keterangan gambar : Petugas KPUD Sidoarjo saat memeriksa kelengkapan Bacaleg yang mendaftar di gedung KPU Sidoarjo, Jalan Cemengkalang Sidoarjo Kota.(foto: andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment