Hampir 21 Ribu Dukungan Wajib Dikantongi Paslon Independen Pilwali Kota Kediri

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri akhirnya menetapkan jumlah minimal dukungan bagi pasangan calon independen, untuk bisa ikut dalam ajang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri tahun 2018 mendatang.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik mengatakan, jumlah minimal dukungan yang harus diperoleh oleh pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Kota Kediri tahun 2018 mendatang adalah sebanyak 20.929, atau hampir 21 ribu pendukung.

Jumlah dukungan tersebut, diambil dari 10 persen jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 silam, atau sebanyak 209.287. “Dukungan tersebut harus tersebar di 2 Kecamatan di Kota Kediri,” ujarnya saat pers rilis di kantor KPU Kota Kediri, Jumat (15/09).

Dikatakan Agus Rofik, para pasangan calon independen tersebut diberi batas waktu mulai 25 hingga 29 November 2017 mendatang, untuk menyerahkan surat dukungan kepada KPU Kota Kediri, baik berupa hardcopy maupun softcopy. “Surat dukungan dilampiri fotokopi KTP atau surat keterangan lain yang diterbitkan oleh Dispendukcapil,” tambahnya.

Nantinya, surat dukungan itu akan diverifikasi oleh KPU dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam tiga tahap. Yakni terkait jumlah minimal dukungan dan sebarannya, verifikasi administrasi tentang kemungkinan adanya dukungan ganda, serta verifikasi faktual dengan cara sensus sesuai nama-nama yang terdaftar dalam berkas dukungan.

“Akan diverifikasi faktual. Yakni sesuai data, pendukung akan ditanyai oleh petugas, apakah betul mendukung calon A,” tegasnya.

Jika dalam ketiga proses verifikasi tersebut diketahui ada data yang tidak sesuai, maka jumlah dukungan otomatis akan dicoret dan mengurangi jumlah pendukung. “Kalau ada data yang tidak sama, akan dicoret. Sama halnya kalau pas ditanya, ternyata tidak mendukung calon tersebut, juga akan dicoret dan mengurangi jumlah dukungan,” imbuhnya.

Para pasangan calon yang pada hasil akhir verifikasi ternyata belum memenuhi jumlah minimal dukungan, bisa kembali melengkapi atau menambah dukungan mulai 18 sampai 20 Januari 2018 mendatang.(kur)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik saat menyampaikan pers rilis penetapan dukungan bagi calon independen.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment