DPD Partai Golkar Blitar: Ada Camat yang Tanya Soal Pendaftaran Caleg

ADAKITANEWS, Blitar – Informasi adanya seorang Camat di Kabupaten Blitar yang berkomunikasi dengan salah satu partai politik tentang persyaratan calon legislatif akhirnya terjawab. Pihak DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar pun, juga sudah membenarkan informasi tersebut.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar, Anik Wahyuningsih mengatakan, pihaknya saat ini memang sedang melakukan penjaringan terhadap figur untuk dijadikan sebagai calon legislatif pada Pileg 2019 nanti. Meski membenarkan ada Camat yang berkomunikasi dengan partainya, ia mengaku belum tahu secara rinci kepastian pendaftaran Camat tersebut di Kabupaten Blitar untuk maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

“Iya benar memang ada salah satu Camat yang berkomunikasi dengan kita. Tapi itu masih sekedar tanya-tanya saja. Kalau hanya bertanya, siapapun boleh. Tapi kalau misalnya maju, ya dia (Camat,red) harus mengundurkan diri,” kata Anik, Senin (02/06).

Anik menjelaskan, Golkar saat ini sedang dalam proses penjaringan dan penjajakan kepada masyarakat yang ingin maju sebagai calon legislatif. Selain itu, pihaknya juga secara terbuka tidak akan menerima ASN nyaleg, karena sesuai aturan ASN dilarang untuk terlibat politik. Walau demikian, Golkar membuka pintu bagi siapa saja yang ingin menjadi wakil rakyat di Kabupaten Blitar.

“Ya akan kita jajaki dulu kalau misalnya jadi daftar. Kan sesuai aturan, ASN dilarang berpolitik. Jadi kalau statusnya masih pegawai negeri, ya Golkar tidak mau menerima. Kita juga memberikan penjelasan juga. Kalau pas pendaftaran ke KPU mau mengundurkan diri ya boleh-boleh aja kalau serius. Golkar nggak berani kalau masih ASN,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait Pileg yang dibuka mulai 4 Juli 2018 mendatang, Anik belum tahu kapan proses pendaftaran ke KPU dilakukan. Karena saat ini juga masih dalam tahap penataan. “Kita belum tahu apakah kita daftar di awal, di tengah, atau di akhir belum tahu,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Anik Wahyuningsih, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment