Desain APK Pilgub Jatim Belum Diterima KPU Kabupaten Kediri

ADAKITANEWS, Kediri – Dua minggu sejak penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tahun 2018, hingga kini Alat Peraga Kampanye (APK) yang seharusnya telah terpasang di beberapa wilayah di Kabupaten Kediri ternyata belum bisa dilakukan. Hal itu lantaran desain APK serta bahan kampanye Pilgub, sampai saat ini belum diterima oleh KPU setempat.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, M Syamsuri mengatakan bahwa proses pencetakan APK terpaksa belum bisa mereka lakukan karena desain serta spesifikasi bahan yang akan digunakan belum diterima dari KPU Provinsi Jawa Timur. “Sampai saat ini KPU Kabupaten Kediri masih menunggu desain APK yang akan kita cetak,” kata Syamsuri, Selasa (27/02).

Syamsuri menjelaskan, setelah desain dan spesifikasi mereka terima, KPU Kabupaten Kediri baru akan melakukan lelang untuk dilakukan pencetakan.

Keterlambatan pencetakan APK tersebut pun langsung mendapat respon dari tim kampanye salah satu paslon Pilgub. Edy Santoso, anggota Tim Kampanye Cabgub nomor urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mengaku terkurangi haknya selama masa kampanye saat ini. “KPU ini tadi juga belum bisa memberikan kepastian kapan APK tersebut bisa tercetak. Kalau begini, hak kami sudah terkurangi untuk mengkampanyekan calon kami,” katanya saat ditemui di Gedung KPU Kabupaten Kediri, Selasa (27/02).

Edy yang juga merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, untuk sementara ini pihaknya hanya bisa memasang banner-banner sosialisasi Cagub yang diusungnya, dan diletakkan di posko-posko yakni kantor DPC PDIP dan ranting-ranting.

“Artinya begini, jangan kurangi hak kami untuk berkampanye,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan aturan yang ada, APK serta bahan kampanye pilkada, sebagian akan dicetak oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu. Selebihnya jika dirasa kurang, paslon bisa mencetak sendiri APK tersebut sebanyak 150 persen dari jumlah APK yang telah dicetak dan dipasang oleh KPU.(kur)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment