Debat Publik: Paslon Vs Panelis, Masyarakat Yang Menilai

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar acara Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020, Selasa (03/11) malam.

Lantaran ada satu pasang calon dalam Pilkada Kabupaten Kediri tahun ini, debat akhirnya hanya mempertemukan Paslon Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, dengan tim panelis yang terdiri dari pihak akademisi serta profesional profesi.

“Debat kali ini menghadirkan pasangan calon yang berhadapan langsung dengan 5 orang dari Tim Panelis. Nantinya masyarakat yang akan menentukan,” kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi saat membuka acara debat.

Ninik mengatakan, KPU Kabupaten Kediri secara prinsip siap menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri, 9 Desember 2020 mendatang. Ia pun meminta dukungan dari masyarakat untuk menyukseskan agenda 5 tahunan tersebut dengan datang langsung ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk menyampaikan hak pilihnya.

Di tempat yang sama, Mas Dhito, sapaan akrab Calon Bupati Kediri tahun 2020 mengatakan, debat publik kali ini merupakan jembatan bagi dirinya dan Mbak Dewi, sapaan akrab Dewi Mariya Ulfa, untuk menyampaikan visi misi lebih dalam kepada masyarakat.

“Debat ini kan disiarkan langsung oleh 4 stasiun tv di Kediri. Masyarakat bisa menyaksikan langsung visi dan misi saya dengan Mbak Dewi,” tegasnya.

Sementara itu dari data yang dihimpun, kelima panelis yang dihadirkan oleh KPU dalam debat kali itu adalah Dr Ahmad Subakir, M.Ag, seorang akademisi yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor 1 IAIN Kediri, Tauhid Wijaya, S.Ag, M.Pd.I, praktisi media yang merupakan direktur salah satu surat kabar di Kediri, dan Abdul Kodir, M.Sosio, akademisi sekaligus Dosen Universitas Negeri Malang.

Panelis lainnya yakni Dr Solihul Huda, M.Fil, akademisi sekaligus Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Nu’man Iskandar, S.IP.MA, yang juga merupakan dosen sekaligus Direktur Statistika Indonesia dan pengamat kebijakan publik.(kur)

Keterangan gambar: Debat Publik Pertama Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.(ist)

Related posts

Leave a Comment