Blusukan ke Pasar, Gus Ipul Narik Becak Ditumpangi Pemiliknya

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Agenda blusukan Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, H Saifulllah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul di Pasar Larangan Sidoarjo, Sabtu (10/03), disambut antusias warga.

Sambil mengayuh becak yang ditumpangi pemiliknya, Gus Ipul disambut dengan yel-yel pengunjung serta pedagang pasar.

Sesaat sebelum masuk ke Pasar Larangan, di depan salah satu ruko Gus Ipul sempat berhenti dan menyalami seorang nenek yang memiliki keterbatasan fisik dan tengah memakai alat bantu jalan pada kedua tangannya.

Diiringi nyanyian jingle lagu “Kabeh Sedulur”, Gus Ipul disambut hangat oleh para pengunjung dan pedagang. “Coblos Gus Ipul! Coblos nomer loro (dua,jawa-red), Coblos brengose (kumisnya,jawa-red),” teriak salah seorang pedagang pasar.

Kepada wartawan, Gus Ipul mengatakan bahwa akses transportasi jalan yang menghubungkan ke pasar harus dipermudah. “Transportasinya dipermudah ya, supaya orang juga gampang ke pasar itu,” ujarnya.

Dengan kondisi akses jalan menuju pasar yang lebih baik, Gus Ipul mengatakan, nantinya pengunjung dan penjual yang ada di pasar bisa nyaman. Dan diharapkan, bisa terwujud aktivitas jual beli masyarakat yang nyaman.

Selain itu menurutnya, perlu juga untuk dilakukan renovasi pasar. Walaupun terkadang pada saat ada pembangunan renovasi pasar, berpengaruh pada penghasilan pedagang saat itu. Namun semua bisa diatasi dengan diskusi dan dialog antara pedagang dengan pemerintah, bahwa rehabilitasi pembangunan sebuah pasar juga bertujuan untuk meningkatkan pembeli nantinya. ‎”Kita ingin, pasar-pasar tradisional kita terus berbenah,” tambahnya.

Pria yang sudah dua kali menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur itu menjelaskan, beberapa permasalahan yang ada di pasar tradisional adalah soal kebersihan dan fasilitas seperti toilet dan lain-lain yang kurang memadahi.

“Tapi saya juga sampaikan, banyak sekali pasar -pasar tradisional yang bagus termasuk Pasar Larangan. Ini juga termasuk baguslah, tinggal perlu perbaikan-perbaikan,” kata Gus Ipul.

Beberapa fasilitas yang penting di pasar tradisional juga mendapat perhatian dari Gus Ipul, sebagai wujud untuk lebih memuliakan kaum perempuan dan anak-anak. Seperti lampu yang harus terang, toilet harus memadahi, akses air bersih, dan fasilitas penting lainnya di pasar.‎

“Tinggal beberapa saja perlu diperbaiki, seperti sejumlah jalan yang masih lubang-lubang. Yang penting pasar itu bersih, pembelinya nyaman dan memberikan perhatian terhadap kaum perempuan dan anak-anak atau pemuliaan,” ungkap Gus Ipul.‎

Gus Ipul mengaku, bersama pasangannya yakni Puti Guntur Soekarno, pihaknya berencana akan bekerja sama dengan Bupati/Walikota untuk membangun dan merevitalisasi pasar-pasar tradisional.

“Kedepan, saya dengan Mbak Puti bekerja sama dengan Bupati/Walikota untuk memperkuat, membangun, merevitalisasi pasar-pasar tradisional,” tutupnya.(sid3)‎

Keterangan gambar : Gus Ipul saat blusukan ke Pasar Larangan Sidoarjo.(foto: andri santoso)

Related posts

Leave a Comment