Belum Ada Parpol di Blitar yang Serahkan Data Saksi Pemilu 2019

ADAKITANEWS, Blitar – Hingga kini belum ada satupun partai politik (Parpol) di Kabupaten Blitar yang menyerahkan data saksi untuk Pemilu 2019. Padahal, gelaran pesta demokrasi akbar ini kurang 37 hari lagi. Selain itu, sejumlah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kabupaten/Kota Jawa Timur, juga sudah mulai menerima penyerahan berkas atau data saksi untuk pemilu 2019.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017, Bawaslu berkewajiban memberikan bimbingan teknis (Bimtek) atau pelatihan kepada seluruh saksi Pemilu 2019. Bimtek ini wajib dilakukan sebelum hari H pemungutan suara.

“Saat ini kita tengah melakukan pendekatan kepada setiap Parpol agar bisa secepatnya menyerahkan data saksi tersebut. Sehingga nanti prosesnya bisa berjalan lancar sesuai rencana,” kata Hakam, Senin (11/03).

Selain itu, lanjut Hakam, pihaknya berkeyakinan setiap Parpol sudah menyiapkan data saksi tersebut, namun belum diserahkan ke kantor Bawaslu Kabupaten Blitar.

“Jumlah partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Blitar ada 15 parpol, sehingga masing-masing parpol menyiapkan satu orang saksi untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), dimana jumlah TPS di Kabupaten Blitar ada 4.573,” jelasnya.

Sehingga, kata Hakam, nantinya jumlah total saksi yang ada di Kabupaten Blitar sekitar 68.595 orang.

Untuk diketahui, 15 parpol peserta pemilu 2019 di Kabupaten Blitar meliputi PKB, Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, Nasdem, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Partai Hanura, Partai Demokrat, serta PBB.(fat/wir)

Keterangan gambar: Abdul Hakam Sholahuddin, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment