Bawaslu Lamongan Dalami Temuan Uang Rp 1 Miliar

ADAKITANEWS, Lamongan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamomgan dan polisi hingga kini masih mendalami temuan uang tunai sebesar Rp 1 miliar di dalam sebuah mobil berikut atribut salah satu partai politik (parpol) pada Selasa (16/04) dini hari.

“Mulai tadi malam hingga saat ini, kami masih dalam proses mendalami, jadi belum bisa mengambil kesimpulan. Sebab kami harus memintai keterangan dari pihak-pihak terkait,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan, Miftahul Badar ketika ditemui awak media di kantor Bawaslu Jalan Tambakboyo Kecamatan Tikung, Selasa (16/04) siang.

Miftahul Badar menjelaskan bahwa saat penangkapan tersebut memang sedang ada razia dari pihak kepolisian. “Kan ini semua pihak yang berwenang dan terkait sedang melaksanakan razia hari tenang. Dalam razia itu didapati mobil yang membawa uang seperti yang disampaikan oleh Pak Kapolres dan juga atribut salah satu peserta pemilu tertentu,” tuturnya.

Pihak kepolisian kemudian berkoordinasi dengan Bawaslu Lamongan. Mobil tersebut lalu diamankan di Polres Lamongan, sementara dua orang pengendaranya dimintai keterangan lebih lanjut.

“Sesuai koordinasi sebelumnya, kami memang bagi beberapa tim. Teman-teman kepolisian kebetulan memang razia di situ (sekitaran Jalan Raya Panglima Soedirman),” jelas dia.

Seperti diketahui, Polres Lamongan melakukan penangkapan dua orang Caleg dari DPR RI dan DPRD Provinsi yang diduga hendak membagikan uang pada pemilih.

“Kami Polres Lamongan bersama anggota Polda Jatim berhasil mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp 1 miliar lebih dan bendera parpol,” kata Feby saat dikonfirmasi awak media, Selasa (16/04) pagi.

Diungkapkannya, penangkapan itu dilakukan petugas saat gelar razia hari tenang dinihari tepatnya di rel kereta Jalan Panglima Sudirman Kabupaten Lamongan. “Pihaknya masih melakukan pendalaman terkait dengan penangkapan tersebut. Kami masih belum tau motif yang dilakukan termasuk masuk dugaan pelanggaran pemilu atau tidak. Beri waktu kami 1X24 jam,” ujarnya.(ng1)

Keterangan gambar: Ketua Bawaslu Kabupatan Lamongan, Miftahul Badar saat ditemui awak media.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment