Audiensi Dengan KPU, DPD PSI Sidoarjo Siap Untuk Verifikasi

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar enam anggota Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Sidoarjo mendatangi kantor KPU Sidoarjo, Rabu (27/09). Selain silaturrrahmi, mereka juga bermaksud mendapatkan informasi serta berkoordinasi dalam rangka verifikasi pemilu mendatang.

Menurut salah satu anggota KPU Sidoarjo Divisi Perencanaan dan Data, Abdillah Adhi, pendaftaran baru akan dimulai pada tanggal 3 hingga 16 Oktober mendatang. “Biasanya yang harus tidak diketahui partai baru adalah harus adanya Leasion Officer (LO) dan 1 (satu) orang Operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang capable pada masa pengumuman pendaftaran. Maka Leasion Officer (LO) dan SILON wajib hadir pada saat pendaftaran,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Adhi ini menambahkan, partai-partai yang berminat ikut dalam Pemilu 2019 mulai mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Mulai dari kelengkapan data terkait infrastruktur, kantor, anggota serta pengurus di masing-masing kabupaten/kota.

“Untuk syarat alamat kantor yang disampaikan ke KPU adalah benar dan tidak manipulasi. Sebab penyelenggara akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk membuktikan atas data yang disampaikan. Dan untuk waktu tidak akan kami beritahu sebelumnya kepada partai politik. Ini menghindari adanya parpol yang mempersiapkan diri jika kami beritahu jadwalnya,” katanya.

Sementara itu Plt Ketua KPU Sidoarjo, Miftakul Rohmah mengatakan bahwa untuk pelaksanaan verifikasi parpol di Pemilu 2019 ini, KPU akan mengandalkan sistem informasi partai politik (Sipol). Parpol akan diminta untuk memasukkan datanya ke dalam database yang sudah ditentukan. “Jadi input data Sipol ini harus sesuai antara hardcopy dan softcopy. Ini harus dilakukan baik partai baru mapun partai yang lama. Dan ini merupakan regulasi yang baru berdasarkan PKPU 11 tahun 2017,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD PSI Sidoarjo, Abdul Rosyid mengatakan, audiensi ini bermaksud untuk koordinasi dalam rangka verifikasi pemilu mendatang. “Tujuan kami kesini untuk mengetahui informasi tentang verifikasi partai baru dalam menghadapi pemilu 2019. Secara kesiapan kami sudah siap sepenuhnya,” katanya.

Saat ditanya tentang harus adanya LO dalam parpol, Abdul Rosyid mengaku akan segera menyiapkannya. “Karena kita tahunya baru hari ini. Maka akan segera kami siapkan,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : PSI Sidoarjo saat audiensi dengan KPU Sidoarjo.(foto: mus purmadani)

Related posts

Leave a Comment