Antisipasi Logistik Pemilu Akibat Banjir

ADAKITANEWS, Lamongan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan mengambil langkah antisipasi agar pelaksanaan Pemilu yang kurang tiga hari ini berjalan aman dan lancar, tanpa gangguan rusaknya logistik akibat banjir atau hujan. Hal tersebut dikarena di beberapa titik di Kabupaten Lamongan tergenang banjir.

“Agar logistik pemilu tidak menemui masalah karena hal tersebut, maka kita memerintahkan kepada Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) untuk berkoordinasi dengan Camat masing-masing terkait penempatan logistik yang steril dari potensi hujan maupun banjir,” kata Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali, Minggu (14/04).

Dikatakannya, pihaknya juga menginstruksikan ke PPK untuk melakukan pengecekan logistik secara berkala. Sehingga jika terjadi sesuatu pada logistik maka dilakukan langka cepat. Jika lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) terendam banjir, bisa dipindah dari tempat atau lokasi yang direncanakan ke tempat lain.

“Terkait hal ini, kita sudah memerintahkan pula PPK untuk berkoordinasi pengawas setempat. Memang boleh, tapi tetap harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” ungkap Gozali

Gozali menambahkan, saat ini logistik Pemilu yang akan digelar pada 17 April mendatang, yang sudah distribusikan ke PPK. “Diantaranya bilik suara, surat suara, kotak suara, formulir, alat coblos dan ATK,” bebernya.

Terpisah, Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Muslimin menjelaskan, bahwa saat ini banjir Lamongan sudah mengenang sejumlah rumah di sejumlah desa, diantaranya terjadi di wilayah Kecamatan Karangbingun, Kecamatan Babat, Kecamatan Kalitengah dan Kecamatan Glagah.

“Dan juga di wilayah Kecamatan Deket. Selain itu banjir juga membanjiri lahan pertanian milik warga,” tandasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Petugas saat melakukan pendistribusian logistik Pemilu.(ist)

Related posts

Leave a Comment