8 Parpol di lamongan Belum Setorkan Nama-nama Saksi

ADAKITANEWS, Lamongan – Pemilu 2019 tidak lama lagi akan digelar. Namun sejumlah Partai Politik peserta Pemilu di Kabupaten Lamongan nyatanya hingga kini belum menyetorkan nama-nama saksi.

Parpol yang belum mengirim nama-nama saksi tersebut diantaranya Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, PDI P, PSI, PAN, Partai Demokrat, serta PBB. “Kami berharap parpol yang belum mengirim nama-nama saksi dalam pemilu 2019 segera mengirim. Kita akan melakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) saksi parpol peserta pemilu. Dan data nama saksi tersebut juga akan dilanjutkan ke Bawaslu Provinsi,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya kepada sejumlah awak media, Senin (11/03) siang.

Toni mengatakan, partai politik peserta pemilu yang sudah mengirim nama-nama saksi diantaranya PKB sebanyak 3.921 saksi, Gerindra sebanyak 59 saksi, Golkar sebanyak 922 saksi, Partai Nasdem mengirim sebanyak188 saksi, Perindo mengirim 4.497 saksi, PPP sebanyak 3.254 saksi dan Hanura sebanyak 492 saksi.

Dijelaskannya, dalam Bimbingan Tehnis (Bimtek) saksi perserta pemilu akan mendapat materi diantara terkait materi hal-hal yang harus dilakukan saksi parpol peserta pemilu. Misalnya saksi dalam menjalankan tugas dilarang menggunakan atribut partai politik, membawa surat mandat, memastikan logistik masih dalam keadaan tersegel, memastikan pemilih membawa formulir C6, serta mengisi dan menandatangani formulir C7.

“Selanjutnya saksi memastikan penghitungan surat suara dimulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provisi, DPRD Kabupaten. Dan apabila menemukan pelanggaran, saksi dapat melaporkannya kepada Pengawas TPS,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Komisioner Bawaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment