30 Tahanan Mapolres Blitar Lakukan Pencoblosan di Rutan

ADAKITANEWS, Blitar – Semua warga negara Indonesia memiliki hak untuk memilih calon kepala daerah. Termasuk, warga masyarakat yang saat ini menjadi tahanan.

Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 yang digelar hari ini, Rabu (27/06), sebanyak 30 tahanan di Mapolres Blitar melakukan pencoblosan di Ruang Tahanan (Rutan) Mapolres Blitar. Pencoblosan dimulai sekitar pukul 12.00 WIB, dan selesai sekitar pukul 12.45 WIB.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, pada proses pencoblosan di rutan ini, Tempat Pemungutan Suara (TPS) diambilkan dari yang terdekat dengan Polres Blitar, yakni TPS 10 dari Kelurahan Talun.

“Dalam pencoblosan di rutan ini, tidak ada tim khusus. Ada 2 petugas KPPS, diikuti 1 linmas, saksi dari kedua paslon, dan Panwaslu. Itu sudah cukup untuk menyelenggarakan pencoblosan di rutan ini,” kata Imron saat ikut mengawal pencoblosan tahanan di rutan.

Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M Ridha mengatakan, pada pencoblosan ini pihaknya juga ikut memberikan pengawasan. Menurut Kapolres, meskipun sedang menjalani proses hukum, namun para tahanan ini tetap miliki hak pilih dalam Plgub Jawa Timur 2018.

“Jadi kita memastikan semua tahanan yang ada di Mapolres Blitar memiliki kesempatan untuk memberikan hak pilihnya dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 ini,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Suasana saat pencoblosan tahanan di rutan.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment