11.073 Linmas Disiapkan untuk Amankan Pemilu 2019

ADAKITANEWS, Blitar – Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tinggal 4 bulan lagi. Sejumlah persiapan pengamanan telah dilakukan Satpol PP Kabupaten Blitar, satu diantaranya yakni menyiapkan ribuan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas).

“Tentu kita sudah menyiapkan keamanan untuk Pileg dan Pilpres 2019 nanti. Pagi tadi, kita juga sudah mengadakan rapat dengan seluruh Camat untuk menyiapkan personel Linmas,” kata Budi Susilo, Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Blitar, Rabu (12/12) siang.

Budi menuturkan, persiapan pengamanan ini berdasarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 300 tentang peningkatan kesiapsiagaan dan keterlibatan Satpol PP, Satuan Perlindungan Masyarakat dalam rangkaian pelaksanaan pemilu 2019.

“Kalau jumlah total Linmas yang akan bertugas pada Pemilu 2019 nanti sebanyak 11.073 personel,” jelasnya.

Budi menjelaskan, dari total Linmas tersebut meliputi Linmas yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 9.506 personel, dengan total 4.753 TPS.

Masing-masing TPS rencananya akan diisi oleh 2 personel. Kemudian Linmas yang bertugas di PPS berjumlah 1.240 personel, dengan total 248 PPS dan masing-masing PPS ada 5 personel.

Berikutnya Linmas yang bertugas di PPK, total ada 220 personel dimana total ada 22 PPK. Masing-masing PPK ada 10 personel. “Nah, selain itu ada juga satgas Linmas inti Kabupaten Blitar sebanyak 85 personel dan Linmas Kecamatan ada 22 personel,” papar Budi.

Ia menambahkan, rencananya Linmas ini akan mulai bertugas pada H-2 hingga H+5 pelaksanaan Pemilu 2019. Namun secara teknis, waktunya akan tergantung situasi dan kondisi. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan masing-masing desa dan kecamatan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Rapat koordinasi penyiapan linmas.(ist)

Related posts

Leave a Comment