Tahun Ini, Disdik Upayakan Seluruh SMPN Gelar UNBK

ADAKITANEWS, Blitar – Upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Blitar terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan setempat. Salah satunya, dengan penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-Kabupaten Blitar.

Kepala Disdik Kabupaten Blitar, Budi Kusumardjaka mengatakan, pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan sistem komputerisasi atau UNBK dinilai lebih bisa meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam hal ujian terhadap siswa-siswi. Sebab, dengan UNBK pelaksanaan ujian lebih sederhana dan memudahkan siswa, serta hasilnya juga sangat bagus.

“Dari hasil UNBK tahun kemarin, rata-rata siswa-siswi yang mengikuti ujian berbasis komputer nilainya bagus,” ungkapnya, Rabu (20/09).

Untuk itu, kata Budi, kedepan pihaknya akan mengupayakan agar seluruh SMPN di Kabupaten Blitar bisa menerapkan UNBK. Sebab, sampai saat ini dari total 34 lembaga SMPN se-Kabupaten Blitar, baru 13 lembaga yang sudah melaksanakan UNBK. Sedangkan selebihnya masih belum melakukan UNBK atau masih melaksanakan UN secara manual.

“Kami akan mengupayakan tahun 2018, seluruh SMPN bisa melaksanakan UN dengan sistem komputerisasi,” harapnya.

Ia menjelaskan, selama ini belum semua lembaga SMPN bisa menggelar UNBK karena pihaknya terkendala masalah anggaran dan sarana prasarana. Sebab, untuk melaksanakan UNBK dibutuhkan sarpras yang banyak, mulai dari server, komputer (Monitor dan CPU) dan perangkat lainnya. untuk itu, kedepan Disdik akan mengupayakan usulan bantuan ke pusat untuk mengajukan anggaran pengadaan sarpras sekolah.

“Dalam pengajuan atau usulan bantuan itu, kami menyertakan data kebutuhan seluruh sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK,” paparnya.

Budi menambahkan, keberadaan sarpras tersebut juga menjadi sarana penunjang untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ia berharap agar usulan bantuan tersebut bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat. Sebab, jika mengandalkan anggaran dari APBD tidak cukup. “Anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK tidak sedikit, jadi kami akan berusaha untuk mengusulkan bantuan anggaran dari pusat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Budi Kusumardjaka, Kepala Disdik Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment