Siapkan Rp 41 M, Ubah Kampung Inggris Jadi Eduwisata

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri tengah menyiapkan rencana penataan Kampung Inggris yang terletak di Kecamatan Pare. Hal ini terkait dengan mulai padatnya pemukiman di kawasan tersebut dan rencana menjadikan Kampung Inggris sebagai Kawasan Eduwisata.

Penataan kawasan yang masuk dalam kategori kumuh tersebut akan dimulai dengan perbaikan drainase, jalan, hingga dibangunnya area Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana menyebutkan, kawasan Kampung Inggris yang mempunyai potensi besar tersebut akan dijadikan eduwisata. ”Kita buat Eduwisata di sana. Kita mulai dari tata kotanya dengan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh),” ujar Bupati.

Ia menyebutkan, langkah awal dengan Program Kotaku akan dimulai tahun depan dengan menggelontorkan dana kurang lebih Rp 41 miliar. “Anggaran yang akan kita gelontorkan untuk penataan di Kampung Inggris kurang lebih di Rp 41 miliar,” terangnya.

Pihaknya juga akan membuat Kampung Inggris menjadi hub pariwisata di Kabupaten Kediri. ”Nantinya kita akan buat orang yang datang dari bandara singgah dan nyaman di Kampung Inggris Pare,” imbuh Bupati.

Penataan dan akan dijadikannya Kampung Inggris sebagai Eduwisata ini disambut baik oleh warga. Salah satu warga, Adam Gustomy, 26, menyebutkan, potensi kawasan tersebut sangat besar dan sangat bagus dalam aspek pendidikan untuk masyarakat. “Kampung Inggris bagus dari segi pendidikan. Khusus warga Jawa Timur masih minim yang bisa Bahasa Inggris,” tuturnya.

Ia juga berharap Eduwisata di Kampung Inggris ini akan segera dijalankan karena banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung di kawasan tersebut. “Dari turis banyak yang sering datang ke pelosok. Ini sangat membantu,” terangnya.(*/kur)


Keterangan gambar: Kampung Inggris Pare.(ist)

Related posts

Leave a Comment