Seluruh SMP di Blitar Dipastikan Gelar UNBK Tahun Depan

ADAKITANEWS, Blitar – Sejak beberapa tahun terakhir, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar telah mengupayakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP). Akhirnya, pada ujian nasional tahun ajaran 2018/2019, dipastikan seluruh SMP sudah berbasis komputer.

“Kita saat ini sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Kabupaten Blitar. Dalam penyelenggaraannya, kita akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Rina Mardiati, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Jumat (14/12).

Rina menjelaskan, jumlah total sekolah yang bakal menyelenggaran UNBK ada 102 lembaga, meliputi sekolah negeri sebanyak 49 lembaga dan sekolah swasta ada 53 lembaga. Namun ia belum bisa memastikan jumlah lembaga sekolah yang menyelenggarakan UNBK mandiri atau menumpang.

“Hingga kini masih dalam tahap persiapan. Kalau jumlah siswa yang bakal mengikuti UNBK ada 10.843, sebanyak 9.439 diantaranya merupakan siswa di sekolah negeri dan 1.404 siswa sekolah di swasta,” jelasnya.

Menurut Rina, untuk soal UNBK akan disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing sekolah. Sekolah yang menerapkan K13 ada 14 lembaga sekolah negeri dan satu lembaga sekolah swasta. Kemudian yang menerapkan KPTSP 2006 ada 35 lembaga sekolah negeri dan 52 lembaga sekolah swasta.

“Hingga kini kita masih menunggu informasi pasti soal jadwal pelaksanaan UNBK tahun ajaran 2018/2019,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment