Peringati Hardiknas, Wabup Blitar: Pendidikan Karakter Perlu Ditingkatkan

ADAKITANEWS, Blitar – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, Pemerintah Kabupaten Blitar berkomitmen akan memaksimalkan penerapan pendidikan di semua sekolah yang ada di wilayahnya.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo mengatakan, kedepan pihaknya akan menciptakan dan meningkatkan kualitas pendidik yang ada di SD/ MI dan SMP/ MTs, baik negeri maupun swasta sehingga bisa meningkatkan kualitas anak didik.

“Kita terus berusaha menjadikan anak didik yang baik dan berguna bagi bangsa maupun agama. Sehingga pendidikan karakter perlu ditingkatkan lagi,” kata Wabup Blitar, Selasa (02/05).

Dengan menghindarkan anak dari pengaruh negatif, lanjut Marhaenis, bisa menjadikan anak mengetahui tentang kebangsaan dan ketahanan nasional. Anak juga bisa mempunyai prilaku yang baik dan otomatis bisa berguna bagi bangsa.

Namun demikinan, politisi PDI Perjuangan ini mengaku prihatin, karena masih ada peserta didik yang belum hafal dasar negara, yakni Pancasila. “Mulai saat ini saya imbau kepada seluruh sekolah untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan membaca Pancasila,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka mengatakan, sesuai dengan tema pada Hardiknas kali ini, yakni menguatkan dan memajukan kebudayaan, serta memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing.

Menurutnya, untuk memajukan dan menguatkan budaya dapat dilakukan dengan menerapkan pendidikan karakter. “Alhamdulillah semua sekolah mulai tingkat SD maupun SMP di Kabupaten Blitar sudah menerapkan pendidikan karakter,” kata Budi.

Budi berharap, kedepan pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga untuk masyarakat dan keluarga. Maka dari itu, pihaknya akan bersinergi bersama-sama khususnya mengantarkan anak yang berkarakter dan berkualitas sehingga menjadi anak yang saleh salehah.

“Kita akan terus melakukan evaluasi. Karena tentu penerapan pendidikan karakter saat ini belum sempurna,” pungkasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Marhaenis Urip Widodo, Wakil Bupati Blitar saat melepaskan balon dan burung dara sebagai simbol memperingati Hardiknas usai melakukan upacara.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment