Minim Anggaran, Ratusan Ruang Kelas SD di Blitar Dalam Kondisi Rusak

ADAKITANEWS, Blitar – Ratusan sekolah tingkat SD di Kabupaten Blitar masih dalam kondisi rusak. Kerusakan itu bermacam-macam, mulai ringan hingga berat.

Minimnya anggaran membuat Dinas Pendidikan tak bisa berbuat banyak, dan hanya bisa memperbaikinya secara bertahap sesuai kemampuan keuangan yang dimiliki. “Kalau tahun ini, jumlah ruang kelas rusak yang belum bisa kita tangani masih cukup banyak, ya sekitar 100-200 ruang kelas. Kita hanya bisa memperbaikinya secara bertahap karena keterbatasan anggaran,” kata Sunaryo, Kasi Kelembagaan dan Sarpras SD Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Senin (08/04).

Meski demikian, lanjut Sunaryo, tahun ini pihaknya memastikan akan memperbaiki 147 ruang kelas yang ada di 70 lembaga. Pihaknya mendapat gelontoran anggaran mencapai Rp 13 miliar. Ia mengaku sudah menerima petunjuk teknis (juknis) penggunaan anggaran itu.

“Pembangunan masih belum dilakukan, tapi juknis sudah kita terima, hanya saja transfer angaran belum dilakukan dan diperkirakan akan dilakukan awal Juni 2019 nanti,” jelasnya.

Sunaryo menambahkan, untuk pembangunannya menggunakan sistem swakelola, sehingga harus selesai falam waktu 90 hari arau tiga bulan. Hal ini sudah diatur sesuai dengan juknis Permendikbud nomor 1 tahun 2019.

“Jadi nanti kira-kira pembangunannya setelah Juni 2019. Untuk tahun berikutnya, kita berharap bisa melakuoan perbaikan ruang kelas rusak lebih banyak lagi,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment