Lima Mantan Anak Binaan LPKA Kelas I Blitar Tetap Ikuti UNBK

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak lima mantan anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar tetap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kelima mantan anak binaan tersebut mengikuti ujian bersama anak binaan LPKA yang dilakukan di SMA YP Kota Blitar.

Kasi Binadik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar, Andik Ariawan mengatakan, meski dinyatakan bebas, namun kelima mantan anak binaan tersebut tetap ingin mengikuti ujian nasional. Untuk mantan anak binaan dibagi dua sesi. Sesi yang pertama diikuti oleh tiga anak. Lalu sesi yang kedua ada dua anak.

Dalam UNBK ini, lanjut Andik, para anak binaan mengerjakan naskah pelajaran Bahasa Indonesia. “Jadi selain lima mantan anak binaan, ada sembilan anak binaan LPKA yang ikut Ujian. Total ada 14 anak yang mengikuti UNBK,” kata Andik, Senin (01/04).

Menurutnya, untuk sembilan anak binaan mengerjakan naskah ujian pada sesi pertama saja. Ujian nasional dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dengan waktu pengerjaan 120 menit. Para anak binaan yang mengikuti UNBK dibawa menuju tempat ujian dengan menggunakan mobil tahanan. Mereka juga mengenakan seragam abu-abu putih lalu masuk ke salah satu ruang kelas yang sudah disiapkan.

“Keempat belas anak binaan yang masuk LPKA karena berbagai kasus itu mengerjakan naskah soal dengan diawasi oleh dua pengawas. Sementara 6 petugas LPKA menjaga dari luar kelas,” ujarnya.

Andik menambahkan, para anak binaan ini sebelumnya juga telah mengikuti sejumlah sosialisasi dan pendampingan khusus dari LPKA yang bekerjasama dengan SMA YP Kota Blitar.

“Persiapannya sama. Mereka juga ikuti sosialisasi dan pendalaman yang dilakukan oleh para guru. Dan simulasinya juga dilakukan di SMA YP,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(ist)

Related posts

Leave a Comment