Jumlah Mobil Perpustakaan Keliling di Kota Blitar Masih Minim

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Ketertarikan atau minat baca masyarakat terhadap buku semakin menurun. Apalagi saat ini juga semakin terkikis dengan perkembangan teknologi. Pemerintah Kota Blitar sudah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan minat baca. Satu diantaranya menyediakan mobil perpustakaan keliling yang menyasar siswa TK, SD, dan SMP.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar, Ronny Yoza Pasal Bessy mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah memiliki tiga unit mobil perpustakaan keliling. Meski dirasa masih kurang, namun tahun ini belum ada rencana penambahan mobil.

“Belum ada rencana penambahan mobil perpustakaan keliling. Karena terakhir kita telah mendapat mobil pada Desember 2018 lalu dari Pemerintah Pusat,” kata Ronny, Jumat (26/04).

Ronny menjelaskan, setiap hari mobil itu keliling di sekolah-sekolah secara bergantian. Harapannya, sejak dini akan tumbuh minat baca para siswa tersebut, agar pengetahuan mereka semakin luas.

“Jadi secara bergiliran mobil itu keliling ke sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Semoga dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini minat baca bisa tumbuh sejak dini,” ujarnya.

Ronny menambahkan, di dalam mobil perpustakaan keliling tidak hanya menyediakan buku, tetapi juga buku digital berupa e-book dan lain-lain. Namun diakuinya masih sedikit siswa yang memanfaatkannya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ronny Yoza Pasal Bessy, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment