Evaluasi Pelaksanaan UNBK SMP, Dewan Akan Berupaya Tambah Komputer

ADAKITANEWS, Blitar – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Blitar yang digelar selama 4 hari sudah selesai sejak kemarin, Kamis (26/04). Saat ujian berlangsung, DPRD Kabupaten Blitar juga sempat ikut memonitor pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Gatot Darwoto mengatakan, meski sempat terkendala teknis di hari pertama pelaksanaan ujian, namun hingga hari terakhir pelaksanaan ujian relatif lancar. Menurutnya, kendala di hari pertama tidak hanya terjadi di Kabupaten Blitar, melainkan seluruh daerah yang sedang menggelar UNBK. Sehingga ujian sempat ditunda hingga kurun waktu 1 jam.

Lebih lanjut Gatot menuturkan, pelaksanaan ujian nasional memang berjalan lancar. Tetapi, untuk pelaksanaan ujian di tahun depan perlu ada evaluasi ataupun pembenahan yang harus dilakukan, yakni penambahan jumlah komputer di setiap sekolah.

“Jadi memang ujian berbasis komputer berjalan lancar. Tapi kedepan kita akan berupaya menambah jumlah komputer, agar pelaksanaan ujian tidak dilakukan dengan beberapa sesi,” kata Gatot, Jumat (27/04).

Berdasarkan hasil monitoring, kata Gatot, di seluruh sekolah yang menggelar ujian nasional berbasis komputer masih menerapkan 3 sesi ujian dalam sehari, karena terbatasnya jumlah komputer. Sehingga penambahan komputer menjadi solusi masalah tersebut. Pihaknya akan berupaya memasukkan anggara pengadaan komputer dengan mengusulkannya pada APBD 2019.

“Sebenarnya selama ini kita terus melakukan pengadaan komputer. Namun dilakukan secara bertahap, karena menyesuaikan anggaran yang ada,” pungkasnya.

Gatot berharap, hasil UNBK semua siswa SMP bisa maksimal. Karena hasil ujian ini merupakan tolok ukur kemampuan siswa selama 3 tahun.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar saat monitoring.(ist)

Related posts

Leave a Comment