Dewan Pastikan Tetap Monitor Pelaksanaan UN SD dan SMP

ADAKITANEWS, Blitar – Jadwal Ujian Nasional (UN) tingkat SD dan SMP dipastikan bersamaan, yakni mulai tanggal 22 hingga 25 April 2019. Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pihak terkait, baik Dinas Pendidikan maupun sekolah penyelenggara.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Gatot Darwoto mengatakan, sesuai dengan kewajiban pihaknya memastikan akan tetap melakukan monitoring atau pengawasan saat pelaksanaan ujian nasional. Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan ujian nantinya bisa berjalan lancar.

“Sesuai tugas, kita pasti akan tetap monitoring pelaksanaan ujian nasional, baik SD maupun SMP. Karena waktunya bersamaan, kita nanti akan dibagi beberapa kelompok untuk melakukan monitoring,” tutur Gatot, Rabu (03/04).

Selain itu, kata Gatot, monitoring juga sebagai bahan evaluasi untuk penyelenggaraan ujian nasional di tahun ajaran berikutnya. Harapannya, semua persiapan sudah dilakukan secara matang, mengingat ujian nasional juga ada yang menggunakan komputer atau UNBK.

“Bagi siswa peserta ujian nasional kita harapkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Agar hasil yang dicapai juga bisa maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka mengatakan, persiapan menjelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dipastikan sudah hampir final. Sebab sebelumnya simulasi UNBK terakhir sudah dilakukan, termasuk kesiapan sarana prasarana, server, promotor hingga tenaga pengawas dipastikan sudah terkondisi dengan baik.

“Untuk saat ini kita meminta kepada siswa siswi yang akan menempuh UNBK agar menyiapkan diri sebaik-baiknya,” pintanya.

Selain itu, kata Budi, untuk mengantisipasi adanya kendala saat pelaksanaan UNBK pihaknya juga sudah bekerja sama dengan instansi terkait.(fat/wir)

Keterangan gambar: Gatot Darwoto, Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment