Bangun Percaya Diri di Hari Pertama Jadi Siswa Baru

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kebanyakan anak-anak yang baru memasuki bangku Sekolah Dasar (SD) memang masih canggung dan takut dengan suasana sekolah baru. Namun hal itu tampak berbeda dengan hari pertama masuk sekolah di SD Al Muslim, Jalan Raya Wadungasri Kecamatan Waru Sidoarjo yang terlihat meriah, Senin (09/07).

Diakui memang, saat memulai tahun ajaran baru sebagian siswa ada yang sangat senang dan antusias memasuki sekolah baru tanpa malu dan penuh keberanian secara mental. Namun tak sedikit pula yang datang dengan rasa kurang percaya diri, dan meminta untuk ditemani orang tuanya hingga beberapa hari berikutnya.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu, hal unik pun digelar pihak sekolah. Yakni dengan memanfaatkan euforia piala dunia 2018 yang masih ramai saat ini, untuk memotivasi semangat para siswa.

Kegiatan penyambutan siswa baru dimulai dengan kesibukan ustaz-ustazah menyiapkan bola serta gawang, yang dihiasi bendera peserta piala dunia dan bendera merah putih.

Kepala SD Al Muslim, Ummul Jazilah mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan seperti ini adalah untuk menambah minat kegiatan sekolah siswa-siswi yang baru masuk. Selain itu, juga menjadi penyemangat tersendiri bagi siswa untuk datang ke sekolah.

“Dari kegiatan ini nantinya, semoga dengan golnya bola ke gawang, gol pula cita-cita para siswa dan siswi baru ini,” terangnya kepada wartawan.

Sebelumnya, acara juga dimeriahkan dengan atraksi juggling dan atraksi yang menarik lainya, diiringi lagu-lagu piala dunia. Sambil menyaksikan atraksi ekskul futsal, siswa baru diminta menempelkan stiker cita-cita mereka di permukaan bola, untuk nantinya ditendang ke gawang.

“Satu anak mendapat satu bola. Selanjutnya mereka bergantian menggolkan bola cita-citanya ke gawang,” ungkapnya.

Yang unik dari bola cita-cita ini, tangan penjaga gawang tidak boleh berfungsi. Penjaga gawang justru mengambilkan bola yang belum masuk gawang, untuk ditendang ulang sampai gol.

“Diharapkan kegiatan seperti ini tidak membuat para siswa baru menangis dan ketakutan. Justru, semua tertawa senang dan penuh semangat ‎juga diwarnai wali murid yang hadir ikut bersorak dan berteriak gol. Kondisi ini juga menandakan bahwa awal tahun pelajaran telah dimulai dengan penuh semangat dan suka cita,” tambahnya.(sid3)

Keterangan gambar : Para siswa baru SD Al Muslim saat mengikuti kegiatan bermain bola cita-cita.(ist)

Related posts

Leave a Comment