Tiba di Lamongan, Api Porprov Jawa Timur VI 2019 Dikirab Melalui 10 Kecamatan

ADAKITANEWS, Lamongan – Kirab Api Porprov Jawa Timur VI 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya akhirnya tiba kembali di Lamongan, Jumat (05/07) pukul 10.00 WIB. Obor penyemangat tersebut diterima Ketua Pelaksana, Yuhronur Efendi di wilayah perbatasan Gresik – Lamongan, tepatnya di Jalan Raya Pandan Pancur, Kecamatan Deket.

Api yang diambil dari sumber api abadi Kayangan Api Bojonegoro secara estafet diserahkan dari Sekkab Lamongan, Yuhronur kepada Camat Deket, Djoko. Pantauan Tim Adakitanews, para siswa yang lembaga pendidikannya berada di sepanjang jalan juga menyambut kedatangan api Porprov dengan mengibarkan bendera mini mengiringi perjalanan kirab api Porprov VI Jawa Timur.

Informasi dihimpun, Api Porprov ini akan dikirab melalui 10 kecamatan. Yakni Kecamatan Deket, Lamongan, Tikung, Kembangbahu, Mantup, Sambeng, Ngimbang, Kedungpring, Sugio dan Sukodadi. Setelah menyambangi 10 kecamatan, Api Porprov kemudian diserahkan kembali oleh Sekkab Lamongan, Yuhronur Efendi di depan Pendopo Lokatantra kepada Bupati Lamongan, Fadeli pada malam harinya.

Sementara di panggung utama yang diletakkan di Alun-alun Lamongan, jugta telah menanti kaldron untuk dinyalakan Bupati Fadeli menggunakan Obor Api Porprov.

Di Pendopo Lokatantra sendiri, api obor akan disemayamkan dalam sehari semalam. Dan pada Sabtu (06/07) pukul 18.00 WIB, api akan kembali dibawa keluar dan dibawa lari oleh sejumlah pelari ke Stadion Surajaya dalam prosesi pembukaan Porprov VI.

Di acara pembukaan nanti, akan dikerahkan kelompok Paskibraka dan juga marching band. “Dengan Porprov ini akan memberikan pembelajaran bagi para siswa untuk mencintai olahraga,” kata Yuhronur Efendi seusai serah terima obor yang akan padam bersamaan dengan acara penutupan Porprov nanti.

Sekadar diketahui, Stadion Surajaya terpilih sebagai lokasi pembuka Porprov VI dan menjadi tempat pertandingan 40 cabang olahraga. Pagelaran Porprov VI Jawa Timur sendiri akan diselenggarakan di empat kabupaten yakni Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, mulai tanggal 6 Juli dan diakhiri pada tanggal 13 Juli 2019.

Porprov Jatim diketahui digelar setiap empat tahun sekali. Menurut Yuhronur, sesuai yang sudah diteken oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, diputuskan Porprov Jawa Timur akan diperpendek pelaksanaannya dan menjadi setiap dua tahun sekali. “Berarti diselenggarakan dua tahun lagi pada tahun 2021,” kata Yuhronur.(prap)

Keterangan gambar: Ketua Pelaksana, Yuhronur Efendi saat serah terima Api Porprov VI Jawa Timur di tugu perbatasan Lamongan – Gersik.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment