Ikut Tes Kenaikan Tingkat, Siswa PSHT Harus Hadapi 30 Pendekar

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sebanyak 315 siswa perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), mengikuti ujian kenaikan tingkat dari sabuk hijau menuju sabuk putih, Minggu (25/03). Para siswa tersebut, diharuskan mengikuti serangkaian ujian di hadapan sekitar 30 pendekar.

Sejak pukul 06.00 WIB, sebanyak 49 siswa putri dan 266 siswa putra‎ yang berasal dari 46 rayon dan ‎12 ranting se-Sidoarjo, tampak telah berkumpul di Padepokan PSHT Kebonsari Kecamatan Candi.

Sebelum melewati ujian kenaikan tingkat dari sabuk hijau (siswa), dan nantinya mendapatkan sabuk putih, mereka berurutan mengambil nomor dada terlebih dahulu, sebelum dipanggil mengikuti tes.

Ketua III PSHT Cabang Sidoarjo, Samsul Hadi menjelaskan, untuk bisa lolos dan menyandang sabuk putih para siswa diminta menunjukkan kebolehannya di hadapan sekitar 30 pendekar, yang ditunjuk sebagai penguji.

Para siswa tersebur diharuskan menunjukkan berbagai macam gerakan beladiri yang telah mereka pelajari sebelumnya. Sedangkan yang dinilai, adalah kecepatan, power atau fisik dan daya ingat.‎

“PSHT merupakan perguruan silat yang menjunjung tinggi nilai budi luhur dan kuat dalam persaudaraan kemanusiaan‎. Dalam salah satu semboyannya yakni “Dadi wong SH Terate iku, paribasane Tego larane ora tego patine (jadi orang SH Terate itu, harus membantu saudara SHTerate yang lainnya),” papar Samsul kepada Tim Adakitanews.com saat dihubungi melalui telepon, Senin (26/03) pagi.

Setelah menyandang sabuk putih, Samsul berharap para siswa tersebut nantinya bisa menjuarai kompetisi-kompetisi olahraga beladiri yang dipertandingkan oleh berbagai unsur, serta mampu mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

“Yang pasti sebagai warga (anggota) PSHT, wajib hukumnya bisa berbudi luhur dan pastinya bisa menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tandasnya.

Untuk diketahui, Perguruan Pencak Silat PSHT yang didirikan di Madiun pada tahun 1922 itu, hingga saat ini telah memiliki pendekar-pendekar di berbagai negara. Dan dalam perkembangannya, sudah ada jutaan anggota PSHT yang menyebar di seluruh penjuru dunia.

Di cabang Sidoarjo yang diketuai oleh Sunardi, ada sekitar 7.000 warga dan puluhan ribu anggota berstatus siswa, yang masih giat mengikuti latihan rutin.(sid3)

Keterangan gambar : Siswa saat mengikuti tes ujian di Padepokan PSHT di Kebonsari Kecamatan Candi, Minggu (25/03).(ist)

Related posts

Leave a Comment