“Gobak Sodor” Dipertandingkan Dalam POP

ADAKITANEWS, Tulungagung – Pelaksanaan Pekan Olahraga Perempuan (POP) region Jawa Timur, digelar di GOR Lembu Peteng Tulungagung, 20 – 23 Juli 2018.

POP yang diinisiasi Fatayat NU bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini bertujuan untuk membudayakan olahraga, menjadikan olahraga sebagai life style. “Tujuannya untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Bukan untuk mencetak atlet profesional,” kata Ketua Umum PP Fatayat NU Anggia Ermarini, usai pembukaan event, Jumat (20/07).

Lanjut Anggia, dirinya mencoba mengajak perempuan Indonesia untuk lebih familiar dengan dunia olahraga. Kalau selama ini olahraga identik dengan lelaki, menurutnya itu wajar, karena perempuan tidak banyak terlibat.

Ada tiga cabang olahraga yang diperlombakan yakni bola voli, bulu tangkis dan gobak sodor yang merupakan salah satu permainan tradisional. Semua pesertanya, adalah pengurus aktif dari organisasi perempuan.

“Yang menarik adalah ya gobak sodor ini. Selain ajang pemersatu, permainan tradisional ini sekaligus momen bernostalgia,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dr Raden Isnanta, M.Pd., mengatakan, melalui olahraga, akan terjadi sosialisasi yang efektif. Targetnya, agar para perempuan bisa mencintai olahraga. “Kita harap dengan event ini dapat meningkatkan derajat kebugaran jasmani melalui olahraga yang terukur dengan dosis yang cukup,” tandas Raden Isnanta.

Melalui kesempatan itu, Isnanta juga mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan Asian Games, yang akan berlangsung Agustus 2018 mendatang. “Lewat event internasional ini mari kita tunjukkan bahwa Indonesia Hebat,” ajaknya.

Sekadar diketahui, kegiatan POP ini melibatkan 440 atlet, 120 orang wasit, dan 50 orang panitia.(bac)

Keterangan gambar : Pembukaan POP ditandai pelepasan balon ke udara.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment